Sunday, June 28, 2009

Penyebab 'Sapi gila'

Mr. Smith, seorang peternak dari Southampton Inggris, sempat diwawancarai oleh stasiun televisi BBC pada suatu kesempatan di London beberapa minggu terakhir ini mengenai penyakit Sapi Gila.

"Terima kasih atas kedatangan anda Mr. Smith, pada kesempatan ini sudikah kiranya anda sebagai salah seorang peternak kawakan bisa menjelaskan, mengenai penyebab berjangkitnya sebuah penyakit yg menimpa hewan2 ternak khususnya sapi, sehingga terkenal di seluruh dunia".

Mr. Smith : "Sapi betina melakukan hubungan badan dengan sapi jantan setiap sekali satu tahun pada musim kawin..."

Reporter: "... Oh... itu khabar yang baru pertama kali kami ketahui, tetapi Mr. Smith, kami rasa jawaban anda tidak ada relevansinya dengan pertanyaan yang kami ajukan... maksud kami mengapa sampai ter...", pembicaraan terpotong oleh Mr. Smith...

Mr. Smith: "... Empat hari sekali kami perah susu para sapi-sapi itu..."

Reporter: "... Kami terkesan dengan kegiatan rutin anda Mr. Smith, ... namun... itu sama sekali tidak mengarah kepada pokok permasalahan, bisakah kami mendapatkan jawaban yang benar-benar spesifik atas... penyebab... dari..."

Dengan mata melotot, sang petani berdiri dan menatap wanita reporter tsb dengan tajam sambil berkata:"Saudari...! bisakah saudari pikirkan...! kalau setiap empat hari sekali susu saudari diremas-remas, sementara saudari harus menunggu setahun sekali untuk digauli... apa saudari tidak menjadi gila...!"

HAIYA! OWEEE CINAAA!

Seorang engkoh keturunan Cina yang totok berniat mengubah status kewarganegaraannya menjadi WNI. Berikut ini adalah petikan tanya jawab antara si petugas dengannya :
"Selamat pagi, Pak."
"Celamat pagi," balasnya.
"Bapak akan menjalani pengujian akan wawasan kebangsaan. Jangan takut, pertanyaannya gampang, kok," hibur si petugas melihat mimik si engkoh yang mengerutkan alis.

"Saya akan mulai dengan tentang sejarah" Dia mengambil gambar RA Kartini lalu bertanya: "Ini gambar siapa?" Dengan lantang dan suara keras, dia berkata : "Hai...ya.... itu kan nyonya menilll, wagusss lo.... Owe celing minum."

Berikutnya si petugas mengetes wawasan tentang kepemerintahan dengan memperlihatkan lambang korpri.
"Ini apa, Pak?" tanyanya sambil masih mengelum senyum.
"Hai... ya.... olang pake itu seling latang ke toko Owe winta-winta sumbangang".
Lalu, si petugas menunjuk kepada foto pemimpin orde baru, Pak Harto, sambil bertanya:
"Foto siapa itu?"
"Hai....ya.... lia kan hopengnya Liem. Pintel lagang dia. Anak-anaknya luga.

Mendengar jawaban itu, si petugas menjadi sakit kepala. "Ini pengetesan terakhir, Pak. Coba nyanyikan lagu Indonesia Raya"
Si Engkoh langsung berdiri tegap dan bernyanyi :
"Indonecia tanah ail-MU..."
"Stop... stop... kenapa tanah air-MU, Pak?" tanya si petugas.
"Landa tangan wulu, woi! balu Ngai wilang 'tanah ail-KU'

Thursday, June 25, 2009

ATM dan ORANG PADANG

Pada suatu hari ada Mas Karyo (yang orang Jawa), Bang Tigor (yang orang Batak)dan Uda Faisal (orang Padang) menyamar, dan masuk ke sebuah klub malam. Disana mereka nonton striptease alias tari bugil. Cewek penari bugil itu kemudian menari-nari di depan Mas Karyo, Mas Karyopun dengan sumringah mengeluarkan uang 50 ribu dan memasukkannya ke BH cewek striper tersebut.

Setelah itu cewek tersebut menari di Bang Tigor. Bang Tigor tidak mau kalah, ia dengan senyum lebar dan tangan cekatan bak tangan copet terminal Kampung Rambutan memasukkan uang 100 ribu ke BH cewek tersebut.

Begitu cewek itu sampai di depan Uda Faisal, Mas Karyo dan Bang Tigor yang tahu sifat pelit Uda Faisal tersebut ketawa-tawa dan berkata: "Mau kasih berapa Uda? Si Uda Faisal dengan tenangnya mengeluarkan kartu ATM dari sakunya dan menggesekkannya kebelahan dada cewek tersebut: seterusnya mengambil uang 150 ribu dari BH cewek tersebut sambil cengir-cengir penuh kemenangan.

Ternyata Uda Faisal yang orang Padang lebih kreatif dalam memanfaatkan peluang dan teknologi ya dibanding orang Batak dan Jawa......he..he...

MADE IN GERMANY VS MADE IN MEDAN

Bonar baru pulang dari Jerman. Setelah 5 tahun belajar di negerinya Hitler akhirnya berhasil juga 'Bonar' menggondol gelar Dipl. Ing. di bidang Aeronautika. Setibanya di kampung halamannya mulailah Bonar berbual-bual dengan saudara-saudaranya yang sudah lama tidak berjumpa dan dianggapnya masih 'ndeso' itu.

"Wah hebaat kali negeri Jerman itu bah, tidak ada apa-apanya negeri kita ini dibanding negara itu. Benar-benar maju sekali. "Coba kalian bayangkan, disana kita tak perlu capek-capek lagi memotong babi atau kerbau untuk mendapatkan daging. Dengan satu alat yang sangat canggih, maka babi atau kerbau hidup tinggal kita masukkan ke dalam mesin itu, maka dalam sekejap akan keluar steak dan sosis".

"Hai Bonar" teriak Tulang Pangaribuan yang dari tadi diam saja. "Kalau cuma itu, tidak perlu kau sombong kali. Disini 30 tahun yang lalu Bapak kau malah lebih hebat lagi, dia masukkan 'sosis'nya ke mesin Mak kau maka keluar 'kerbau' macam kau ini".

Wednesday, June 24, 2009

BILL GATES

Setelah mati, Bill Gates siap-siap masuk surga atau neraka. Malaikat penjaga berkata padanya, "Kau telah melakukan hal2 baik dan hal2 buruk, jadi kau sekarang bebas memilih apa mau masuk surga atau masuk neraka,sesukamu'.

Jadi Bill menengok ke surga, terlihat orang-orang bernyanyi, berdoa dan menari. Lalu ia melihat ke neraka, oh, ada banyak gadis-gadis cantik berlari di pantai? sungguh mengherankan neraka itu ternyata!

Tentu saja Bill Gates tidak bodoh, ia memilih masuk neraka saja! Seminggu kemudian Malaikat melakukan inspeksi ke neraka, disana terlihat Bill Gates lagi dimandiin air panas 1000 celsius di dalam kolam. Ia serentak protes, "Hai malaikat, kemana gadis2 cantik tadi yang berlari-lari di pantai?" Malaikat menyahut, "Nah, itulah pekerjaanmu dahulu, gadis2 itu kan cuma screensaver!'

HADIAH ULTAH

Seorang pelajar SMP bernama HENDRIK sedang jatuh cinta kepada Ani. Hendrik ini orangnya penakut dan kurang PD, jadi dia gak berani menyatakan cintanya. Setelah selama sebulan berpikir gimana caranya dapetin Ani, akhirnya Hendrik punya ide untuk memberikan sebuah hadiah kepada Ani. Setelah berpikir panjang, dia memutuskan untuk memberikan hadiah TOPI kepada Ani.

Untuk menjalankan niatnya, Hendrik pergi ke Matahari Dept. store. Setelah mendapatkan topi pilihannya, Hendrik bergegas untuk membayar ke kasir. Karena suasana di Matahari dept. store waktu itu lagi ramai (pas baru buka kemaren dan lagi ada discount) jadi kasir yg biasa membungkus barang-barang agak sedikit kerepotan, akibatnya bungkusan topi yang dibeli Hendrik itu tertukar dengan bungkusan yang dibeli wanita disamping Hendrik. Ternyata wanita disampingnya Hendrik itu membeli CELANA DALAM.

Karena sudah gak sabar untuk memberikan hadiah ke Ani, tanpa memeriksa isi bungkusan itu lagi, Hendrik langsung memberi catatan di kado tsb yang berbunyi:
"Ani, saya sengaja memberikan hadiah ini untuk kamu karena saya tahu kalau kamu jarang memakai ini sewaktu bepergian. Saya sengaja pilih yang warna merah karena saya pernah melihat kamu pakai yang warna biru. Saya yakin sekali ukurannya pas untuk kamu, karena sebelum membeli saya sudah mencobanya dan ukuran kita kan sama. Rasanya saya ingin sekali memakaikan ini ke kamu untuk yang pertama kalinya. Ani, kalau kamu senang dengan hadiah ini, saya berharap saya dapat melihat kamu memakainya pada hari Sabtu besok".

Temanmu,



HENDRIK

NB: Oya, model terakhir yang sering saya lihat di film dan majalah, memakainya agak sedikit diturunkan kebawah dengan sedikit rambut terlihat didepannya.

(diambil dari sebuah email kawan yang nyasar kepadaku)

Tuesday, June 23, 2009

Airmata wanita


A little boy asked his mother "Why are you crying?
"Because I'm a woman", she told him.
"I don't understand", he said.
His mum just hugged him and said, "And you never will"

Later the little boy asked his father, "Why does mother seem to cry for no reason?"
"All women cry for no reason", was all his dad could say

The little boy grew up and became a man, still wondering why women cry.
Finally he put in a call to God; and when God got on the phone, he asked, "God, why do women cry so easily?"
God said:

"When I made the woman she had to be special. I made her shoulders strong enough to carry the weight of the world; yet, gentle enough to give comfort"
"I gave her an inner strength to endure childbirth and the rejection that many times comes from her children"
"I gave her a hardness that allows her to keep going when everyone else gives up, and take care of her family through sickness and fatigue without complaining"
"I gave her the sensitivity to love her children under any and all circumstances, even when her child has hurt her very badly"
"I gave her strength to carry her husband through his faults and fashioned her from his rib to protect his heart"
"I gave her wisdom to know that a good husband never hurts his wife, but sometimes tests her strengths and her resolve to stand beside him unfalteringly"
"And finally, I gave her a tear to shed. This is hers exclusively to use whenever it is needed."


"You see:
The beauty of a woman is not in the clothes she wears, the figure that she carries, or the way she combs her hair."
"The beauty of a woman must be seen in her eyes, because that is the doorway to her heart - the place where love resides.

(dikutip dari sebuah email yang aku lupa sumbernya)

Sunday, June 21, 2009

NENEK NYEBRANG JALAN

Ceritanya ada anak muda ngebut pake' motor Yamaha MX..Pokoknya ngebut banget deh. Ngeeengg... ngeeenggg...ngeeeeeeeng....!!! Gayanya kaya' Rossi...Eh... lagi ngebut-ngebutnya, tau-tau seekor nenek-nenek nyebrang!


Si anak muda menghindar sehingga motornya oleng berat dan nyaris jatuh terpental, beberapa meter baru berhenti. Si nenek selamat, nyaris mati ketabrak! Si anak muda ini nggak bisa nahan amarahnya gara2 nenek itu nyebrang sembarangan, langsung aja ia berteriak teriak memaki si nenek, "Dasar lu nenek-2 tua peyot! nggak pernah makan sekolahan, nyebrang maen nyelonong aja, kagak liat kanan-kiri. Kalo' ketabrak gimana lu! Udah bosen idup?! mau cepet mati luh?!"


Pokoknya keluar deh semua tuh luapan si anak muda. Selesai anak muda ngamuk, si nenek tua itu santai aja nyahut; "Lu tuh anak muda bego!, nabrak nenek-nenek aja nggak kena!"

Pantun Kontemporer (2)

Disana gunung, disini gunung,
di tengah-tengah bunga melati
saya bingung kamu pun bingung
kenapa ada bunga melati ???!?


Anak ayam turun ke bumi
induk ayam naik kelangit
anak ayam nyari kelangit
induk ayam nyungsep ke bumi


Mancing ikan dikolam tetangga
manjat jambu di po'on tetangga
sungguh enak punya tetangga
maen-maen kerumah tetangga yok!!!


Cari ayam di kandang macan
cari bebek di kolong kursi
jangan suka nungging-nungging
ntar disentil bebek usil


1,2,3, dan 4
lebaran makan ketupat
5, 6, 7, dan 8
ngggg....., 9, 10, 11, 12..
pantunnya udah lupa tuh..;0


Jalan-jalan ke kota paris
lihat rumah berbaris-baris
enak luh jalan jalan melulu


Sayur asem sayur sop
laper nich


Satu, dua, tiga
Empat, Lima, Enam
Tujuh, Delapan, Sembilan
Hebat udah bisa ngitung


banyak-banyak menabung
kagak nyambung


dilangit ada tomat
sengit amat


buah kedong-dong buah tomat
Elu bodong amat


buah tomat buah tomat
saos tomat kali


bunga melati bunga mawar
bunga mawar bunga melati

aduh pantun norak sekali....


buah duren di pohon beringin
resek banget tuch duren....


ayam kurus bulunya banyak
rugi banget yang beli.........


kakak monyonk adik memble

Keturunan jelek kali yee...


(dikutip dari berbagai sumber)

Friday, June 19, 2009

KUALITAS PENDIDIKAN TERBAIK DI DUNIA

Tahukah Anda negara mana yang kualitas pendidikannya menduduki peringkat pertama di dunia? Kalau Anda tidak tahu, tidak mengapa karena memang banyak yang tidak tahu bahwa peringkat pertama untuk kualitas pendidikan adalah Finlandia. Kualitas pendidikan di negara dengan ibukota Helsinki, dimana perjanjian damai dengan GAM dirundingkan, ini memang begitu luar biasa sehingga membuat iri semua guru di seluruh dunia.


Peringkat I dunia ini diperoleh Finlandia berdasarkan hasil survey internasional yang komprehensif pada tahun 2003 oleh Organization for Economic Cooperation and Development (OECD). Tes tersebut dikenal dengan nama PISA mengukur kemampuan siswa di bidang Sains, Membaca, dan juga Matematika. Hebatnya, Finlandia bukan hanya unggul secara akademis tapi juga menunjukkan unggul dalam pendidikan anak-anak lemah mental. Ringkasnya, Finlandia berhasil membuat semua siswanya cerdas. Lantas apa kuncinya sehingga Finlandia menjadi Top No 1 dunia? Dalam masalah anggaran pendidikan Finlandia memang sedikit lebih tinggi dibandingkan rata-rata negara di Eropa tapi masih kalah dengan beberapa negara lainnya.


Finlandia tidaklah mengenjot siswanya dengan menambah jam-jam belajar, memberi beban PR tambahan, menerapkan disiplin tentara, atau memborbardir siswa dengan berbagai tes. Sebaliknya, siswa di Finlandia mulai sekolah pada usia yang agak lambat dibandingkan dengan negara-negara lain, yaitu pada usia 7 tahun, dan jam sekolah mereka justru lebih sedikit, yaitu hanya 30 jam perminggu. Bandingkan dengan Korea, ranking kedua setelah Finnlandia, yang siswanya menghabiskan 50 jam perminggu


Lalu apa dong kuncinya? Ternyata kuncinya memang terletak pada kualitas gurunya. Guru-guru Finlandia boleh dikata adalah guru-guru dengan kualitas terbaik dengan pelatihan terbaik pula. Profesi guru sendiri adalah profesi yang sangat dihargai, meski gaji mereka tidaklah fantastis. Lulusan sekolah menengah terbaik biasanya justru mendaftar untuk dapat masuk di sekolah-sekolah pendidikan dan hanya 1 dari 7 pelamar yang bisa diterima, lebih ketat persaingainnya ketimbang masuk ke fakultas bergengsi lainnya seperti fakultas hukum dan kedokteran! Bandingkan dengan Indonesia yang guru-gurunya dipasok oleh siswa dengan kualitas seadanya dan dididik oleh perguruan tinggi dengan kualitas seadanya pula.


Dengan kualitas mahasiswa yang baik dan pendidikan dan pelatihan guru yang berkualitas tinggi tak salah jika kemudian mereka dapat menjadi guru-guru dengan kualitas yang tinggi pula. Dengan kompetensi tersebut mereka bebas untuk menggunakan metode kelas apapun yang mereka suka, dengan kurikulum yang mereka rancang sendiri, dan buku teks yang mereka pilih sendiri. Jika negara-negara lain percaya bahwa ujian dan evaluasi bagi siswa merupakan bagian yang sangat penting bagi kualitas pendidikan, mereka justru percaya bahwa ujian dan testing itulah yang menghancurkan tujuan belajar siswa. Terlalu banyak testing membuat kita cenderung mengajar siswa untuk lolos ujian, ungkap seorang guru di Finlandia. Padahal banyak aspek dalam pendidikan yang tidak bisa diukur dengan ujian. Pada usia 18 th siswa mengambil ujian untuk mengetahui kualifikasi mereka di Perguruan tinggi dan dua pertiga lulusan melanjutkan ke perguruan tinggi.


Siswa diajar untuk mengevaluasi dirinya sendiri, bahkan sejak Pra-TK! Ini membantu siswa belajar betanggungjawab atas pekerjaan mereka sendiri, kata Sundstrom, kepala sekolah di SD Poikkilaakso, Finlandia. Dan kalau mereka bertanggungjawab mereka akan bekeja lebih bebas.Guru tidak harus selalu mengontrol mereka.


Siswa didorong untuk bekerja secara independen dengan berusaha mencari sendiri informasi yang mereka butuhkan. Siswa belajar lebih banyak jika mereka mencari sendiri informasi yang mereka butuhkan.
Kita tidak belajar apa-apa kalau kita tinggal menuliskan apa yang dikatakan oleh guru. Disini guru tidak mengajar dengan metode ceramah, Kata Tuomas Siltala, salah seorang siswa sekolah menengah. Suasana sekolah sangat santai dan fleksibel. Terlalu banyak komando hanya akan menghasilkan rasa tertekan dan belajar menjadi tidak menyenangkan, sambungnya.


Siswa yang lambat mendapat dukungan yang intensif. Hal ini juga yang membuat Finlandia sukses. Berdasarkan penemuan PISA, sekolah-sekolah di Finlandia sangat kecil perbedaan antara siswa yang berprestasi baik dan yang buruk dan merupakan yang terbaik menurut OECD.


Remedial tidaklah dianggap sebagai tanda kegagalan tapi sebagai kesempatan untuk memperbaiki. Seorang guru yang bertugas menangani masalah belajar dan prilaku siswa membuat program individual bagi setiap siswa dengan penekanan tujuan-tujuan yang harus dicapai, umpamanya: Pertama, masuk kelas; kemudian datang tepat waktu; berikutnya, bawa buku, dlsb. Kalau mendapat PR siswa bahkan tidak perlu untuk menjawab dengan benar, yang penting mereka berusaha.


Para guru sangat menghindari kritik terhadap pekerjaan siswa mereka. Menurut mereka, jika kita mengatakan "Kamu salah" pada siswa, maka hal tersebut akan membuat siswa malu. Dan jika mereka malu maka ini akan menghambat mereka dalam belajar. Setiap siswa diperbolehkan melakukan kesalahan. Mereka hanya diminta membandingkan hasil mereka dengan nilai sebelumnya, dan tidak dengan siswa lainnya. Jadi tidak ada sistem ranking-rankingan. Setiap siswa diharapkan agar bangga terhadap dirinya masing-masing.

Ranking-rankingan hanya membuat guru memfokuskan diri pada segelintir siswa tertentu yang dianggap terbaik di kelasnya. Kehebatan sistem pendidikan di Finlandia adalah gabungan antara kompetensi guru yang tinggi, kesabaran, toleransi dan komitmen pada keberhasilan melalui tanggung jawab pribadi. Kalau saya gagal dalam mengajar seorang siswa, kata seorang guru, maka itu berarti ada yang tidak beres dengan pengajaran saya! Benar-benar ucapan guru yang sangat bertanggungjawab.



(ditulis oleh Andri Aji Saputro
dengan menyarikan dari Top of the Class - Fergus Bordewich)