Sunday, June 02, 2024

HIKAYAT AULIYA’


 

HIKAYAT AULIYA’

Penulis: Syekh Muhammad Abu al-Yusr Abidin

Penerbit Qaf Media Kreativa

Jakarta 2020

ISBN 978-602-5547-81-2

486 halaman

 

Imam al-Junaid ditanya, “apa gunanya membaca hikayat-hikayat  bagi seorang murid?”. 

“Hikayat adalah serdadu dari serdadu-serdadu Allah yang karenanya hati para murid menjadi kuat”, jawabnya…

------------------

Buku ini merupakan terjemahan buku Hakaya al-Shufiyah, karya dr. Syekh Muhammad al Yusr Abidin yang diterbitkan di Libanon tahun 1993. Dalam edisi Indonesia buku Hikayat Auliya’ ini merupakan trilogy bersama buku Qisasul Auliya’ dan Makrifat Auliya’

Buku ini merupakan Kumpulan cerita yang dapat menghibur jiwa  tentang hamba-hamba Allah yang shaleh dan ulama-ulama yang mengamalkan ilmu mereka dan berpegang pada pada syariat Allah serta sunnah Rasul-Nya. Cerita-cerita tersebut  dikumpulkan melalui berbagai kitab tafsir, Sejarah, biografi  dan lain-lain.

Lewat hikayat mereka, buku ini mengandung semua makna tasawuf sebagaimana yang disebutkan al-Junaid , yaitu sikap zuhud di dunia, tawakkal kepada Allah, bersemangat dalam melakukan ketaatan, sabar menghadapi kekurangan, dan makna luhur serta akhlak mulia lainnya. Imam al-Junaid meringkas lewat ucapannya, “Tasawuf ialah keluar dari akhlak-akhlak yang rendah, dan masuk ke akhlak-akhlak yang mulia”.

Sebagian besar, hikayat dalam buku ini ditulis dengan model bertutur (story telling) sehingga mudah dipahami alurnya. Gaya bahasa yang digunakan juga relative mudah dimengerti oleh orang awam di bidang agama. Buku ini cocok untuk pembaca (yang sibuk bekerja) karena bentuk artikel  yang berupa tulisan pendek membuat kita bisa membacanya per artikel untuk kemudian direnungkan, dan setelah itu dilanjutkan lagi….

 

No comments: