Monday, August 13, 2007

Mau nikah kok klayapan ke pasar hewan....

Sehari sebelum "hari H" pernikahanku, kawan-kawan kerjaku di Bina Swadaya seperti mas Haryo, Mas Ruruh dkk. datang di Bumiayu untuk menyaksikan pernikahanku. Pagi harinya mereka kuajak jalan-jalan melihat keadaan kota kecil Bumiayu. Kebetulan hari itu hari Wage yang merupakan hari pasaran untuk pasar hewan Bumiayu, sehingga rombongan kuajak ke sana untuk melihat transaksi jual beli hewan, alat pertanian dll...Aku sendiri punya hobby untuk berkunjung ke pasar tradisional. Kemanapun aku pergi ke suatu daerah, aku senang lihat pasar tradisional. Karena bagiku, pasar tradisional itu merupakan potret gamblang kondisi sosio kultural masyarakat di situ...
Sehabis jalan-jalan, Dewi yang saat itu jadi calon istriku ngomel-ngomel karena jam 10 pagi kami mau akad nikah kok masih sempat-sempatnya klayaban ke pasar hewan ha..ha...ha...
Akhirnya akad nikah dilaksanakan tanggal 15 Mei 1995 jam 10 an pagi. Dengan disaksikan keluargaku, keluarganya dan kerabat dekat, akad nikah yang berlangsung di musholla Baitul Amin, Kauman - Bumiayu berjalan lancar karena aku sudah hafal ucapan ijab-qabulnya. Bapak mertuaku sendiri yang bertindak sebagai wali istriku. Terus terang semula aku agak deg-degan karena malu kalau keliru (bukan deg-degan karena hendak memikul tanggungjawab berat sebagai seorang suami lho....). Dengan selesainya acara akad nikah ini, resmilah sudah aku menjadi suami dari Dewi Setiawati dan meninggalkan status bujanganku untuk menyambut statusku yang baru sebagai seorang suami dan kepala keluarga......

No comments: