Wednesday, April 30, 2008

Laskar Pelangi, buku penuh inspirasi

Pada tengah tahun 2006, Sherry seorang kawanku yang alumni sastra Inggris kirim sms padaku dan menyarankan agar aku membaca buku Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi karya Andrea Hirata. Saat itu aku belum terlalu tertarik karena aku belum terlalu familiar dengan nama Andrea Hirata. Sampai suatu saat aku jalan2 di Gramedia - Pasar Raya Jakarta, aku beli 2 buku tersebut.
Kesanku pertama membaca buku itu: (1) aku tertipu oleh imajinasiku sendiri karena semula kupikir Andrea Hirata adalah nama orang Jepang (2) aku tertarik dengan alur cerita yang penuh humor, metafora dan realitas kehidupan ndeso dan bersahaja (3) ada beberapa bagian cerita yang kayaknya terlalu berlebihan misal seorang anak SD sudah bicara calculus dll (4) bahasa yang dipakai agak encer dan mengalir.
Semula aku berkomentar bahwa buku Andrea tidak terlalu istimewa karena aku membandingkan karyanya dengan karya pujangga besar Indonesia seperti Pramoedya Ananta Toer yang tulisannya sangat padat berisi. Tapi setelah kubaca berulangkali aku menemukan bahwa karya Andrea ini sangat bagus dalam memberikan pencerahan bagi kita. Kita diajak untuk pintar bersyukur, sabar, ikhlas, tidak mudah putus asa, visioner dan perjuangan tanpa pamrih. Istriku sendiri akhirnya sangat nge-fans dengan karya-karya Andrea....
Saya ikut bersyukur buku Andrea sudah dicetak sekitar 600.000 exemplar. Semoga ini menjadi pertanda baik munculnya sastrawan muda yang bisa memberikan pencerahan terhadap bangsa yang sedang terpuruk ini. Kupikir buku ini perlu jadi bacaan wajib di sekolah-sekolah dan dijadikan bahan analisis. Kupikir para abdi negara, DPRD, lembaga negara bahkan swasta juga perlu membaca buku ini agar dibenak mereka tertanam nilai-nilai kehidupan yang luhur dan tidak mencari kelimpahan materi untuk diri sendiri saja....
Selamat Andrea, kami tunggu karya anda berikutnya.....

No comments: