Sunday, March 29, 2009

Dari meja Tanri Abeng; Managing atau Chaos? Tantangan Globalisasi dan ketidakpastian

Resensi buku
Dari meja Tanri Abeng; Managing atau Chaos? Tantangan Globalisasi dan ketidakpastian
Penyunting: Sandiwan Suharto
IPMP dan Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 2000


Poin penting dari buku ini:
· Pelaku bisnis di Indonesia tidak siap menghadapi lingkungan bisnis yang semakin mengglobal, baik dari sisi strategi dan struktur perusahaan, budaya korporasi dan SDM yang mempunyai kompetensi global. Untuk mengatasi hal itu diperlukan adanya restrukturisasi ke core business, leadership yang memiliki vision, value dan courage serta perlu pengembangan kemitraan antar pelaku ekonomi.
· Perlakuan istimewa kepada BUMN dan perusahaan swasta tertentu membuat mereka rapuh dan tidak mampu bersaing global. Untuk itu perlu didorong perilaku etis dan professional bagi BUMN dan swasta tersebut. Selain itu pemerintah sendiri perlu menegakkan good governance melalui perangkat birokrasi yang bersoh dan professional.
· Kompetisi bisni sudah mengglobal dan terjadi persaingan antar pelaku ekonomi atau antar perusahaan (melemahnya proteksi Negara). Hal itu menuntut perusahaan harus mampu efisien dan berorientasi pasar. Oleh karenanya visioning dan forward looking harus dikembangkan, workhard harus dikombinasikan dengan worksmart. Untuk perbaikan kinerja BUMN, perlu dilakukan restrukturisasi, profitisasi dan privatisasi.
· Strategi dalam menghadapi krisis global antara lain; mewujudkan good governance, people centered development dimana seluruh komponen masyarakat terhubungkan secara utuh dalam suatu sistem yang berkeadilan, knowledge based society (pengembangan SDM yang mempunyai kompetensi global), mampu antisipasi perubahan pasar dan pengembangan kelembagaan yang kokoh.
· Pelaku ekonomi bangsa kita susah keluar dari krisis global karena kebanyakan jago kandang. Perlu dikembangan pengembangan basis mikro, corporate governance dan pengembangan SDM dengan konsep link and match.
· Delapan fondasi korporasi: Corporate Governance and Ethics, Masterplan reformasi, Sistem manajemen, Sistem Informasi Manajemen, Kepemimpinan korporasi, Perencanaan dan Pengendalian, Sistem Insentif dan Renumerasi, Kesatuan dan kerukunan karyawan.
· Dunia bisnis dalam perkembangannya dituntut untuk memperhatikan kepentingan stakeholders. Hal ini meliputi pengembangan etika bisnis dan juga etika di bidang lingkungan.

No comments: