Thursday, November 12, 2009

Dongeng Aktivis

Sufi Bayazid bercerita tentang dirinya seperti berikut: "Waktu aku masih muda, aku ini seorang revolusioner dan aku selalu berdoa: Tuhan, berilah aku kekuatan untuk mengubah dunia!".

"Ketika aku sudah separuh baya dan sadar bahwa setengah hidupku sudah lewat tanpa mengubah satu orangpun, aku mengubah doaku menjadi: Tuhan, berilah aku rakhmat untuk mengubah semua orang yang berhubungan denganku: keluargaku dan kawan-kawanku, dan aku merasa puas".

"Sekarang ketika aku sudah menjadi tua dan saat kematianku sudah dekat, aku mulai melihat betapa bodohnya aku. Doaku satu-satunya sekarang adalah: Tuhan, berilah aku rakhmat untuk mengubah diriku sendiri".

Seandainya sejak semula aku berdoa begitu, maka aku tidak begitu menyia-nyiakan hidupku.

(Catatan: Katanya sihh...., setiap orang berpikir mau mengubah umat manusia. Hampir tidak seorangpun berpikir bagaimana mengubah dirinya sendiri).

Dikutip dari email seorang karib

No comments: