Friday, February 12, 2010

Recommendations for Management of the Sungai lesan Conservation Area

Recommendations for Management of the Sungai lesan Conservation Area
Gabriella Fredriksson
The Nature Conservancy
Samarinda, 2005
12 halaman

Kawasan Sungai Lesan merupakan sebuah kawasan budidaya non kehutanan seluas 12. 168 hektar yang ditetapkan sebagai kawasan lindung oleh Pemerintah Kabupaten Berau – Prop. Kaltim karena menjadi habitat orangutan dan memiliki keanekaragaman hayati lainnya. Ancaman terhadap kelestarian kawasan ini antara lain; perburuan liar, fragmentasi wilayah yang mengancam ruang hidup satwa dan kebakaran hutan.
Untuk mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah setempat, strategi kampanye yang perlu dilakukan adalah membangkitkan kebanggaan bahwa pelestarian kawasan lindung Sungai Lesan merupakan wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Berau terhadap kelestarian lingkungan. Sedang untuk mendapatkan dukungan masyarakat, pengelolaan kawasan lindung hendaknya didorong mempunyai manfaat langsung bagi masyarakat misalnya melalui jasa ekoturisme.
Beberapa rekomendasi untuk pengembangan kawasan lindung Sungai Lesan ini antara lain: (1) penguatan status hukum kawasan (2) pembentukan Badan Pengelola dan Unit Pelaksana pengelola Kawasan Lindung yang dilengkapi dengan job description dan kewenangan yang jelas (3) Penyusunan rencana Stratejik Pengelolaan Kawasan secara partisipatif (4) Mendorong komitmen yang lebih besar dari Pemerintah Kabupaten (5) Kampanye dan Penyadartahuan tentang Konservasi (6) Penataan Kawasan dan pengembangan pola pemanfaatan sumberdaya hutan secara lestari (7) Pengembangan program pemberdayaan masyarakat termasuk ekoturisme (8) pengembangan kapasitas mitra lokal misal LSM sebagai aktor konservasi dan sebagai bagian dari exit strategy di masa depan.

Laporan ini cukup tajam dalam memberikan rekomendasi pengelolaan kawasan lindung. Hal ini tidaklah mengherankan karena Gabriella sebelumnya telah memiliki pengalaman memadai dalam mendorong pengelolaan hutan lindung Sungai wain di Balikpapan. Persoalannya adalah apakah para stakeholder punya komitmen cukup untuk menindaklanjuti rekomendasi tersebut?

1 comment:

timpakul said...

belum ada rekomendasi yang baru.... hampir sama dengan rekomendasi lainnya... flat...