Saturday, May 22, 2010

Primbon Almanak 1900-2005

Primbon Almanak 1900-2005
Putri Wong Kam Fu
November 2005,
481 halaman

Buku Primbon ini menjabarkan empat ilmu perbintangan yang telah dikenal manusia secara berabad-abad yakni ilmu perbintangan Astrologi, Tarikh Tionghoa, Tarikh Hijriyah dan Ilmu perbintangan Jawa. Dengan mendasarkan pada ilmu perbintangan tersebut, buku ini membahas beberapa karakter dasar manusia seperti watak perilaku, kondisi ekonomi secara umum, kondisi kesehatan, jodoh dll.

Karena sifatnya menggabungkan beberapa ilmu perbintangan, maka pembahasan yang ada didalamnya relatif umum. 350 halaman dalam buku ini lebih berupa tabel tanggal masehi yang dan konversinya ke tarikh Tionghoa, tarikh Hijriyah dan Tarikh Jawa. Untuk yang mau menggunakan buku ini sebagai ilmu untuk menentukan “hari baik” untuk pernikahan, pindah rumah dll, masih memerlukan referensi dasar dari buku lain.

Terkait ramalan watak dalam buku ini, saya pribadi menyikapinya tidak dengan 100 persen setuju. Ramalan karakter yang bersifat positif, saya gunakan untuk memotivasi diri dan kita kembangkan terus. Sedangkan ramalan yang bersifat negatif seperti sifat buruk yang diramalkan pada diri kita perlu kita temukenali untuk kita eliminir sebisa mungkin.

No comments: