Sunday, September 19, 2010

GERHANA KEMBAR

GERHANA KEMBAR
Clara NG
PT Gramedia Pustaka Utama
Jakarta 2007
ISBN 979-22-3407-1
368 hal

Novel ini bercerita tentang kehidupan kehidupan Lendy seorang editor kenamaan, dengan ibunya yang bernama Eliza dan Oma Diana.

Saat Diana sedang menderita sakit akut karena usianya yang sudah renta, Lendy menemukan naskah novel yang merupakan kisah perjalanan hidup sang Oma. Dari naskah itu Lendy mengetahui bahwa Sang Oma dulu menikah tanpa perasaan cinta dengan Opa Erwin. Sang Oma sejak muda malah merasakan cinta sejati-nya pada sesama perempuan yakni Oma Henrietta Selene. Oma Diana dan Oma Selene saling mencintai namun terhalang perkawinan Oma dan Opa, sampai akhirnya Oma Selene menjauhkan diri ke Perancis. Dalam naskah tersebut, Lendy juga baru tahu bahwa dia adalah seorang anak yang lahir di luar perkawinan saat mama Eliza masih sekolah SLTA.

Dengan melihat penderitaan Oma Diana di akhir hayatnya, Lendy dan mama Eliza berusaha mempertemukan Oma Diana dengan Oma Selene. Akhirnya Oma Selene bersedia pulang ke Indonesia untuk menemui Oma Diana. Sebuah pertemuan indah di akhir hayat Oma Diana.

Novel ini secara umum datar-datar saja dan tidak ada kejutan-kejutan dengan kalimat yang relative encer. Bagi para pembaca novel yang menyukai nilai kehidupan, anda harus bersiap untuk kecewa karena tidak banyak makna kehidupan yang bisa ditarik dari novel pop ini…..

No comments: