Friday, July 27, 2007

Padusan di sendhang

Padusan merupakan acara mandi "besar" atau keramas pada saat sehari sebelum puasa ramadhan. Makna dari padusan tersebut adalah membersihkan diri untuk menghadapi bulan suci ramadhan.

Di tempatku, padusan dilakukan di telaga atau "sendhang". Ada dua sendhang yang biasa dipakai padusan di tempatku yakni "sendhang Mudal" dan "sendhang Semaren". Sendhang Mudal ada di dusun Mudal dan kondisinya agak dangkal (kurang dari 1 meter) serta ada di tengah hamparan sawah. Sedang sendhang Semaren ada di dusun Semaren dan kondisinya agak dalam (lebih dari 1 meter) dan berada di bawah rerimbunan pohon bambu. Pada saat padusan, dua sendhang itu agak ramai. Saat ini air sendhang Semaren juga dipakai untuk sumber air PDAM di kota Munthilan.

Pada hari biasa dua sendhang tersebut digunakan untuk mandi dan mencuci pakaian bagi warga setempat. Anakkupun sangat senang mandi di sendhang mudal yang airnya jernih dan segar. Dia kalau pulang kampung ke rumahku di Magelang selalu minta mandi dan berenang di Sendhang Mudal itu. Di saat lebaran dimana orang pada pulang kampung sendhang itu biasanya ramai oleh anak-anak yang ingin mandi menikmati segarnya air sendhang. Semoga sendhang itu senantiasa terpelihara untuk memberikan kesempatan pada masyarakat guna menikmati air alam yang segar dan melimpah ruah...

No comments: