Tuesday, August 21, 2007

Cita-citaku jadi ABRI Desa..

Ketika aku bekerja di Program Perhutanan Sosial - Bina Swadaya, pada tahun 1991-1993 aku ditempatkan sebagai Dokumentator Proses di wilayah Kecamatan Bantarkawung dan Kecamatan Larangan Kab. Brebes. Pekerjaanku saat itu mencatat semua aktivitas pembinaan Kelompok Tani Hutan (KTH) yang didampingi oleh petugas lapang Bina Swadaya (mas PN Budiyono) dan petugas-petugas Perhutani.
Di wilayah Bantarkawung, pada mulanya aku dan Mas Budiyono indekos di rumah Bpk. Masturo di dusun Kalijurang I. Suasana di dusun ini relatif sepi, damai dan sejuk. Istri Masturo masakannya cukup lezat sehingga kami jadi gemuk. Tetangga-tetangga cukup ramah. Dimalam hari ketika tidak ada aktivitas pertemuan kelompok tani, terkadang kami main kartu bersama sambil menunggu listrik padam jam 11 malam. Saat itu listrik yang ada masih listrik diesel sehingga jam 11 malam sudah dipadamkan.
Masturo bekerja sebagai penjahit di kampungnya. Keluarga Masturo merupakan keluarga yang berbahagia dengan 2 anak. Anak sulungnya laki-laki bernama Aris, anak keduanya perempuan bernama Dede. Dede punya cita-cita jadi peragawati (sejak kecil Dede sudah kelihatan bibit kecantikannya). Sedang si Aris ketika kutanya apa cita-citanya menjawab dengan lantang dan tegas plus serius bahwa dia punya cita-cita jadi ABRI Desa (Hansip). Mungkin Aris terpesona oleh Hansip yang jaga Kantor Kelurahan yang kelihatan gagah dengan seragam hijaunya, sehingga dia punya cita-cita jadi ABRI Desa.
Setelah saya bertahun-tahun meninggalkan Bumiayu, saya masih sering silaturahmi ke rumah Masturo. Sayang beberapa bulan lalu ketika saya silaturahmi ke Kalijurang I, saya menerima kabar menyedihkan karena Aris "sang ABRI Desa" telah meninggal dunia karena suatu penyakit. Sehingga punahlah sudah cita-cita sang ABRI Desa.......
Semoga almarhum diampuni segenap dosa, dan keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberi ketabahan dan kesabaran.... Amin...

No comments: