Friday, August 10, 2007

Rumahku ndeso banget lho...

Ketika aku pacaran sudah semakin serius, suatu saat keluarga Dewi (bapak, ibu, nenek, saudara-saudaranya) gantian silaturahmi ke kampungku. Kubilang jauh hari sebelumnya bahwa rumahku ndeso banget dan harus jalan kaki berkilo-kilo. Rumah orangtuaku hanya gubug reot dan tidak ada WC jadi semua harus nyebur ke kali untuk buang hajat dll. Jadi semua harus persiapan fisik dan mental.
Mereka berangkat dari Bumiayu dan mampir ke tempat kakakku sulung di Wonosobo. Kakakku yang bernama Mas Har inilah yang kemudian jadi pemandu jalan ke rumahku yang di ndeso itu.... Setelah dari Magelang, rombongan kemudian menyewa kendaraan angkutan desa sampai ke rumahku. Di rumahku rombongan Dewi bertanya-tanya kenapa mampir di situ?. Dewi menjawab bahwa mungkin sopirnya perlu istirahat sebentar karena perjalanan masih jauh. Mereka baru sadar telah kubohongi setelah Bapak Ibuku menyambut mereka. Mereka semula masih berpikir rumahku benar-benar jauh di pelosok dan harus jalan kaki berjam-jam.... Memang rumahku ndeso tapi untuk jalan kaki sebenarnya hanya cukup sekilometer saja.
Di rumahku ibuku kemudian sibuk masak-masak, dan rombongan keluarga Dewi jadi agak kikuk karena kalau ibuku menawari makanan, karena makanan itu disodorkan terus sampai si tamu mengambilnya. Itu tradisi di kampungku.
Malam harinya untuk rombongan keluarga si Dewi sudah di siapkan tempat tidur. Tapi yang ibu-ibu lebih suka tidur rame-rame dalam satu dipan...tahu-tahu...gedubrakkk.... dipan tempat tidurnya jebol karena kelebihan beban he..he..he... itulah nostalgia kunjungan keluarga Dewi ke rumahku....

No comments: