Wednesday, April 23, 2008

Bule yang murah hati

Saya punya kawan bernama Marc Nicolas. Beliau orang Perancis yang sudah sejak tahun 1996-an kerja di Indonesia. Keahlian beliau adalah di bidang Rescue dan kebakaran hutan. Saya kenal beliau ketika beliau bekerja di proyek pengendalian kebakaran hutan di Samarinda.

Beliau karakternya sangat keras bahkan cenderung tidak sabaran dan pemarah. Tapi dibalik sikapnya yang keras, beliau sangat romantic dan lembut hati. Beliau juga seorang yang mempunyai jiwa seni tinggi. Rumah tempat tinggalnya beliau renovasi dengan desain sendiri dan hasilnya woooww… indah dan nyaman …. Walau beliau orang Prancis, tapi beliau sangat cinta pada tanah air Indonesia. Beliau pernah bekerja di Palembang, Samarinda dan Banjarmasin. Di Banjarmasin, beliau masuk Islam dengan dibimbing oleh ulama besar Martapura yang akrab dipanggil Guru Ijai (almarhum). Beliau masuk Islam karena benar-benar panggilan jiwa dan beliau sudah mempelajarinya cukup lama bahkan konon sejak di Perancis dulu. Alhamdulillah, dua tahun lalu beliau menunaikan ibadah haji…

Aku belajar banyak dari beliau tentang disiplin, cara berpikir yang focus, cara menulis yang baik, rasa cinta kepada tanah air, keimanan dan khususnya perhatian terhadap kaum dhuafa (solidaritas social). Di jaman krismon tahun 1997, ketika beras mahal, beliau sudah berinisiatif beli beras di pasar dan di tengah malam dia kunjungi kaum fakir miskin sambil membagikan beras itu. Beliau juga mengangkat beberapa orang adik angkat yang dia bantu biaya pendidikan hingga sarjana..Saat inipun beliau mempunyai banyak anak angkat (konon sampai lebih 30 orang) yang beliau support biaya pendidikannya di SD, SMP dan SLTA.

Terkadang aku berpikir, beliau yang bule asing ternyata penuh cinta kasih terhadap kaum dhuafa di sekeliling kita. Sementara saya dan banyak orang Indonesia lainnya terkadang menutup mata melihat kesengsaraan orang yang sebangsa yang ada di depan mata kita… Ya Tuhan ampunilah kami….. Bukakan pintu hati kami agar kami mempunyai jiwa yang peduli dan pemurah terhadap sesama..jauhkanlah kami dari jiwa tamak dan kikir….

No comments: