Wednesday, May 21, 2008

Jerman 6: Rokok Kretek Identitas Bangsa

Ketika di Jerman, aku sempat membawa beberapa bungkus rokok kretek Gudang Garam Filter. Seorang fasilitator perempuan dalam seminar itu sering minta rokokku karena dia pernah ke Indonesia dan menyukai rokok itu. Demikian pula sewaktu di Bonn ketika aku merokok di lobby hotel ada seorang bule lewat didepanku. Setelah beberapa lama dia berbalik ke arahku dan dia bilang “anda dari Indonesia ya?”. Saya jawab “Ya. Bagaimana anda tahu saya dari Indonesia?”. Oh rokok anda sangat khas baunya. Akhirnya dia cerita kalau dia pernah tugas di Indonesia selama beberapa tahun untuk menggarap proyek agrarian di Badan Pertanahan Nasional. Ketika aku kehabisan rokok kretekku, aku terpaksa merokok rokok putih Marlboro karena cari rokok kretek di sana sangat sulit.

No comments: