Sunday, July 12, 2009

Mewujudkan Partisipasi; 21 Teknik Partisipasi Masyarakat untuk Abad 21

John Gaventa, Carlo Valderama, New Economic Foundation
Mewujudkan Partisipasi; 21 Teknik Partisipasi Masyarakat untuk Abad 21
The British Council, 2001
94 halaman

Buku ini mengupas tentang perkembangan partisipasi masyarakat di berbagai belahan dunia baik dalam konteks proyek, social, politik dan kewargaan. Beberapa hambatan bagi tumbuh kembangnya partisipasi antara lain: (a) hubungan kekuasaan yang tidak memberikan ruang partisipasi, (b) tingkat pengorganisasian/soliditas warga yang rendah (c) kecakapan/kemampuan artikulasi kepentingan dari stakeholder (d) kemauan politik, (e) kelembagaan partisipasi sebagian besar dalam tahap konsultatif dan bukan pengambilan keputusan (f) keterbatasan sumberdaya keuangan daerah sehingga program cenderung top down.

Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi kendala dalam pengembangan partisipasi ini antara lain: (a) pengembangan perencanaan partisipatif yang dilembagakan melalui regulasi (b) pendidikan warga Dan pembangunan kesadaran untuk berpartisipasi, (c) membangun kepekaan pejabat daerah, (d) advokasi, aliansi dan kolaborasi, (e) pembuatan anggaran partisipatif (f) meningkatkan akuntbilitas pejabat terpilih terhadap rakyat.

Dalam buku ini juga disajikan teknik-teknik untuk membantu memfasilitasi penumbuhkembangan partisipasi masyarakat. Hanya saja teknik-teknik tersebut hanya bersifat gambaran umumnya saya dan bukan bersifat “how to do it article”. Untuk orang-orang yang sudah terbiasa memfasilitasi kegiatan Participatory Rural Appraisal (PRA) atau Participatory Learning Action (PLA), teknik-teknik yang disajikan di buku ini sedikit banyak akan terbayang aplikasinya. Tetapi untuk kalangan fasilitator pemula atau orang awam, informasi tentang teknik-teknik fasilitasi dalam buku ini mungkin agak susah dicerna atau dibayangkan prosesnya.

No comments: