Sunday, January 31, 2010

Antologi Cerpen Pergolakan daerah

Antologi Cerpen Pergolakan Daerah; Senarai Kisah Pemberontakan PRRI
Soewardi Idris
Beranda Publishing, Yogyakarta 2008
ISBN: 978-979-16021-3-6
320 halaman

Buku ini berisi kumpulan cerpen dengan setting pemberontakan PRRI Sumatera sekitar tahun 1958. Buku ini tidak mengupas sisi politik mengapa pemberonmtakan itu muncul, namun lebih banyak mengupas sisi humanisme di jaman perang. Persoalan rindu anak isteri, kerinduan pada keluarga besar, persoalan cinta di medan perang, rasa takut dan gundah akibat perang, penderitaan anak isteri yang ditinggal gugur sang suami dan lain-lain. Dalam berbagai kasus, penulis lebih banyak menuliskan cerita happy ending ketika pemberontak, bergabung kembali ke NKRI.

Selain cerita dengan setting pemberontakan PRRI, buku ini juga memuat beberapa cerpen dengan setting Jogja di sekitar tahun 1954. Salah satu kelebihan penulis ini adalah penggunaan bahasa Indonesia yang baku dan mudah dicerna (karena beliau juga seorang wartawan) dan beberapa cerita humor yang reflektif.

Pak Soewardi Idris si penulis buku merupakan putra Minang, dan hal ini semakin mengukuhkan Sumatera Barat secara historis merupakan daerah produktif yang menghasilkan sastrawan unggul di Indonesia sejak jaman sastra klasik Balai Pustaka.

No comments: