Wednesday, January 06, 2010

Perencanaan, Implementasi dan Evaluasi Kebijakan atau Program

Perencanaan, Implementasi dan Evaluasi Kebijakan atau Program
Mas Roro Lilik Ekowati
Pustaka Citra, Surakarta 2005
ISBN 979-9459-08-7
127 hal

Buku ini merupakan bahan kuliah untuk mata ajaran Kebijakan Publik. Kebijakan publik dimaksudkan sebagai penetapan tindakan oleh pemerintah dan implementasinya yang bertujuan untuk melindungi kepentingan masyarakat luas. Dalam buku ini dikupas tentang perlunya proses perencanaan kebijakan melalui penyusunan Rencana Stratejik yang berorientasi kepada Outcome (Outcome based planning). Penetapan outcome ini penting sebagai tolok ukur keberhasilan pelaksanaan kebijakan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam implementasi kebijakan adalah: (a) komunikasi antar pihak, (b) sumberdaya yang tersedia, (c) struktur birokrasi, (d) sikap pelaksana dan pengambil keputusan (e) standar dan tujuan kebijakan (f) kondisi social budaya masyarakat.

Dalam proses evaluasi, dampak yang perlu diperhatikan antara lain dampak pada kelompok sasaran, kelompok lain, kondisi yang akan dating dan dampak terhadap biaya langsung dan tidak langsung. Untuk terlaksananya implementasi kebijakan yang sempurna dibutuhkan beberapa hal yakni; (a) kondisi eksternal mendukung bagi instansi pelaksana, (b) waktu dan sumberdaya memadai, (c) tidak ada kendala di tahapan2 tertentu maupun keseluruhan proses, (d) kebijakan didasarkan pada teori valid tentang hubungan sebab – akibat (e) hubungan sebab – akibat bersifat langsung dan kalaupun ada hanya beberapa variable antara atau tdk complicated (f) instansi pelaksana tidak tergantung keberhasilan pihak lain (g) tujuan yang akan dicapai dibangun atas kesepakatan bersama (h) ada pembagian kerja dan sequence yang jelas (i) ada komunikasi dan koordinasi yang lancar (j) pemegang otoritas dapat menuntut kepatuhan dari bawahan.

Secara umum buku ini termasuk berkualitas sedang ke bawah (C-), Kayaknya buku ini merupakan kumpulan rangkuman dari berbagai buku bahasa asing sehingga bahasa Indonesia yang digunakan di buku ini kurang baku. Selain itu banyak kasus yang diangkat dari kasus luar negeri sehingga kurang bias merangsang pembaca untuk membandingkan kondisi di Indonesia.

No comments: