Sunday, May 16, 2010

Panduan Sederhana Pemetaan oleh Masyarakat

Panduan Sederhana Pemetaan oleh Masyarakat
Hery Romadan
Lembaga Pengembangan Lingkungan dan Sumberdaya Manusia (PLASMA)
Samarinda, 2000
ISBN 979-96133-1-0
60 halaman

Kegiatan pemetaan partisipatif di Indonesia mulai merebak tahun 1990-an. Salah satu pengembang yang aktif dalam kegiatan pemetaan tersebut adalah LSM-LSM yang mendampingi masyarakat dalam memperjuangkan akses masyarakat terhadap Sumberdaya alam di lingkungannya. Hery Romadan dari LSM Plasma di Samarinda berbekal pengalaman di lapangan berusaha mengendapkan pengalaman melakukan pemetaan dalam bentuk buku panduan sederhana.
Buku Panduan ini secara umum terdiri dari beberapa bagian yakni:
1.Pengantar (pengertian peta, manfaat, bagian-bagian peta, cara-cara dalam memetakan wilayah)
2. Langkah-langkah dalam melakukan pemetaan (Penentuan Tujuan, Penentuan obyek penting, pembuatan peta sketsa, plotting peta sketsa vs peta dasar, Survai lapangan, pengumpulan data GPS di lapangan.
3.Menggambar peta atau memindahkan data lapangan ke atas peta
4.Pengalaman kasus pemetaan di desa Lotaq – Kab. Kutai Barat

Menurut saya, secara umum buku ini cukup sederhana dan bisa dijadikan referensi bagi para pemula untuk melakukan pemetaan. Meski demikian, untuk orang yang awam sama sekali di bidang pemetaan, diperlukan adanya suatu proses training terlebih dulu agar benar-benar bisa menngunakan peralatan2 yang dibutuhkan seperti kompas, GPS dll. Sebagai sebuah pendokumentasian pengalaman, buku ini layak dihargai karena buku ini telah menunjukkan LSM-pun bisa mendokumentasikan pengalaman dengan baik. Hal ini setidaknya bisa menjadi langkah awal menggiatkan penulisan di dunia LSM dan mengubah anggapan LSM sebagai Lembaga Suka Meeting menjadi Lembaga Suka Menulis ....

No comments: