Sunday, May 16, 2010

Pemetaan Partisipatif;

Pemetaan Partisipatif; Pembelajaran dari Proyek FORMACS
Edy Marbyanto (editor)
CARE international Indonesia – CIDA, Jakarta 2004
59 halaman

Buku ini merupakan hasil kristalisasi pengalaman Tim Pemetaan Partisipatif Proyek FORMACS – CARE di Kab. Nunukan – Kaltim. Secara garis besar, isi buku ini antara lain berupa:
•Konsep pemetaan partisipatif (sejarah, ciri-ciri dan aspek legal pemetaan partisipatif)
•Pengalaman penerapan pemetaan partisipatif (kondisi sosio ekonomi masyarakat dampingan, tahapan proses fasilitasi pemetaan, metode dan peralatan yang digunakan dalam pemetaan partisipatif, Hasil pemetaan di lapangan
•Resolusi konflik dalam pemetaan partisipatif (pengertian konflik, potensi konflik di lapangan, fasilitasi resolusi konflik, hasil fasilitasi resolusi konflik, faktor pendukung dan penghambat dalam resolusi konflik)
•Pembelajaran/lesson learnt dari kegiatan pemetaan partisipatif (bagi masyarakat dan pemerintah).

Sebagai sebuah kristalisasi pengalaman lapangan, buku ini lebih dimaksudkan sebagai referensi umum bagi para pihak yang ingin mengetahui dan belajar tentang pemetaan partisipatif. Pengalaman proyek FORMACS yang mampu bersinergi dengan Pemkab Nunukan dalam mengembangkan kegiatan Pemetaan Partisipatif ini juga menjadi salah satu hal yang menariuk untuk diperdalam. Demikian pula adanya mekanisme resolusi konflik tata batas yang melibatkan struktur adat merupakan salah satu alternatif dan unik yang bisa jadi bisa lebih efektif daripada resolusi konflik melalui jalur formal dan pengadilan.

No comments: