Sunday, March 13, 2011

My name is Khan

My name is Khan

Film ini bercerita tentang Rizwan Khan yang tinggal bersama adik laki-laki dan ibunya. Rizwan merupakan anak autis yang mempunyai kemampuan mengingat dan teknik luar biasa. Rizwan yang autis mempunyai phobia hidup di tengah keramaian dan warna kuning. Untunglah Rizwan mempunyai ibunda yang sangat mengasihi dan membimbingnya penuh kesabaran.

Suatu ketika, ibunda Rizwan meninggal. Rizwan yang sebatang kara kemudian menyusul adiknya yang sekolah dan kemudian tinggal di Amerika. Di Amerika, Rizwan kemudian bekerja sebagai sales produk kosmetik. Dari profesinya sebagai salesman ini, Rizwan kemudian kenal dengan pekerja salon keturunan India bernama Madhira. Madhira ini merupakan seorang janda berputra 1 bernama Sameer. Kedekatan mereka menumbuhkan perasaan cinta diantara Rizwan dan Madhira.

Pernikahan Rizwan dan Madhira kemudian digelar. Anak Madhira pun bisa menerima kehadiran Rizwan yang autis, bahkan mereka menjadi teman bermain yang sangat akrab. Ketika tragedi pemboman WTC tanggal 11 September terjadi, muncul sentimen anti Islam dari masyarakat Amerika. Hal ini juga berdampak terhadap keluarga Khan, dimana Sameer dianiaya sampai meninggal oleh teman2nya karena keluarga Khan adalah keluarga Islam dan saat itu identik dengan teroris. Melihat anaknya meninggal, Madhira sangat frustasi dan menumpahkan kekesalannya terhadap Rizwan Khan. Dia menganggap kematian anaknya adalah karena dia menikah dengan Rizwan dan merubah nama anaknya memakai nama Khan. Madhira yang diliput kemarahan kemudian mengusir Rizwan dan tidak membolehkan dia pulang sebelum Rizwan bisa menemui Presiden Amerika dan menginformasikan padanya bahwa Khan bukan seorang teroris. Memori Rizwan yang autis kemudian mengingat terus apa yang disampaikan oleh istrinya itu. Demi menebus rasa bersalah dan demi rasa cintanya terhadap Madhira maka Rizwan memulai petualangannya untuk bertemu presiden amerika....

Petualanganpun dimulai dengan kondisi yang memprihatinkan karena keterbatasan uang, tertinggal pesawat dl. Untuk mengatasi kesulitan keuangan, sepanjang jalan Rizwan menawarkan keahliannya untuk memperbaiki peralatan apapun yang rusak dengan keahlian di bidang teknik-nya yang luar biasa. Rizwan pun memperlihatkan keluguan hatinya dengan menyumbangkan sebagian upahnya untuk penggalangan dana kelaparan bagi Afrika. Dia juga menggendong seorang anak kulit hitam yang terjatuh dari sepeda dan mengantarkannya ke rumahnya di daerah Wilhelmina tanpa upah.

Rizwan Khan terus berusaha mengikuti perjalanan presiden amerika untuk menyampaikan pesan istrinya bahwa “aku bernama Khan, dan bukan seorang teroris”. Sampai suatu saat ketika dia sudah dekat Presiden, pengawal Presiden mengira dia seorang teroris dan menangkapnya. Selama belasan hari dia disiksa dan diinterogasi karena dikiran anggota teroris. Untunglah berkat perjuangan seorang jurnalis, kondisi Khan yang autis berhasil dikuak dan kemudian dia dilepaskan. Rizwanpun kemudian berniat melanjutkan perjalanan menemui presiden. Namun dia mendengar informasi TV bahwa daerah Wilhelmina yang pernah dia kunjungi akan tertimpa badai hebat. Karena dia merasa mengasihi desa Wilhelmina, maka dia pergi ke daerah itu ditengah terjangan banjir dan badai. Di situ dia bersama penduduk setempat bahu membahu berusaha mengatasi dampak bencana badai itu.

Upaya kerjasama yang dilakukan atas inisiatif Rizwan itu diadopsi menjadi gerakan gotong royong yang dikembangkan oleh berbagai pihak. Hal inilah yang kemudian menghantarkannya bertemu kembali dengan Madhira yang akhirnya sadar bahwa Rizwan sangat mencintainya. Pertemuan indah ini ternoda karena ada teroris yang berusaha membunuh Rizwan yang dianggap pengkhianat Islam. Untunglah Rizwan hanya luka dan bisa disembuhkan. Perjalananpun terus berlanjut sampai akhirnya Presiden Amerika memberikan kesempatan bertemu untuknya. Di situlah Rizwan memenuhi janji sama Madhira untuk mengatakan :”Nama saya Khan, saya bukan seorang teroris”.

Film yang sangat menyentuh.....romantis, penuh humanisme, pelajaran toleransi, pelajaran menghargai anak kelainan mental, kebersahajaan, kebersamaan, keberanian, kejujuran dst..dst.... Sangat Inspiring .... ditambah bintangnya rupawan2 banget... Kajol yang jadi pemeran utama wanita benar2 cantik mempesona, manis, matanya indah banget etc,..etc...I miss U deh...

No comments: