Sunday, March 13, 2011

3 idiots

Film India ini dimulai dengan adegan Raju dan Farhan yang tergopoh-gopoh pergi ke suatu tempat untuk menemui Rancho, seorang sahabat lama waktu kuliah di Institut Teknologi. Namun ternyata di tempat itu Raju dan Farhan tidak menemukan Rancho tapi menemukan Chatur yang mengibulinya melalui telpon dengan berperan seolah-olah dia Rancho. Chatur yang masih mendendam karena pernah dipermalukan sewaktu kuliah, datang ke tempat itu untuk membuktikan janjinya bahwa dia lebih sukses dibanding Raju, Farhan dan Rancho. Rancho cerita bahwa dia sudah sukses sekarang dan sedang membangun kerjasama dengan ahli teknik terkemuka yakni Mr. Wangdu yang mempunyai 400 hak paten. Namun dalam pertemuan itu Rancho tidak ada, dan mereka kemudian bersama-sama berusaha mencari Rancho.

Dalam upaya mencari Rancho, film ini melakukan kilas balik jaman kuliah dulu dimana Rancho sebagai mahasiswa baru dikenal sebagai mahasiswa yang cerdas, berani dan penuh setia kawan. Raju, Farhan dan Rancho yang tinggal satu kos kemudian menjadi karib erat. Kondisi ekonomi yang terbatas (khususnya Raju), membuat mereka saling solider. Dalam perkuliahan mereka menemui batu sandungan dari Mr.Viru yang menjadi dosen killer di institut itu. Di sisi lain melalui sebuah perjumpaan yang tidak disengaja, Rancho kemudian kenal dengan Pia yang merupakan anak Mr. Viru.

Pada suatu ketika Mr. Viru memanggil Raju untuk memberi tahu bahwa Raju akan di drop out karena prestasi lemah. Mr. Viru bersedia membatalkan DO dengan catatan Raju bersedia bersaksi bahwa Rancho telah berbuat salah terhadap Mr. Viru. Raju bimbang karena dia solider terhadap Rancho namun dia juga perlu mewujudkan impian ayahnya agar jadi Insinyur. Raju yang stress kemudian berusaha bunuh diri dengan melompat dari gedung lantai tiga. Namun Tuhan punya kehendak lain, dimana Raju hanya luka-luka. Pada saat dirawat di rumah sakit, muncullah saran Rancho agar mereka mau mendengarkan kata hati untuk menentukan masa depan. Misalnya Farhan harus berani ngomong ke keluarganya soal pilihan hidupnya pada dunia photography, Raju harus berani melawan ketakutan2 akan kegagalan masa depan dan meninggalkan jimat-jimatnya. Oleh Raju dan Farhan, Rancho-pun dituntut untuk menyampaikan cintanya secara langsung kepada Pia.

Keberanian mendengarkan kata hati dan berterus terang kepada lingkungan membawa kesuksesan dimana orangtua Farhan bisa menerima bila Farhan mau menekuni dunia fotografi, Raju sendiri dengan semangat dan pandangan hidupnya yang baru kemudian memperoleh tawaran pekerjaan yang menarik di sebuah perusahaan, dan cinta Rancho-pun diterima oleh Pia. Keberhasilan tiga sekawan ini menimbulkan dendam bagi Mr. Viru yang tidak menyukai tiga sekawan itu. Mr. Viru berusaha menggagalkan ujian tertulis Raju dengan memberi soal yang sangat sulit. Melihat hal itu Farhan, Rancho dan Pia berusaha mencuri soal untuk Raju. Tetapi Raju yang sudah siap dengan semangat hidup barunya malah tidak tertarik dengan bocoran soal itu dan membuangnya. Pada saat yang lain Mr. Viru datang dan menangkap basah bahwa 3 sekawan telah mencuri soal ujiannya untuk Raju. Tanpa ampun Rancho yang dipandang sbg trouble maker kemudian di DO dari kampus. Pada saat perjalanan ke luar kampus, 3 sekawan itu melihat Sonia (kakak Pia) mau melahirkan namun terjebak dalam kendaraan yang sedang kebanjiran. Rancho cs dengan peralatan sederhana berusaha membantu proses melahirkan Sonia tersebut. Mr Viru yang melihat perjuangan Rancho cs dalam membantu Sonia menjadi luluh hatinya dan membatalkan DO-nya Rancho bahkan memberikan ballpoin kesayangannya kepada Rancho...

Perjalanan Raju, Farhan dan Chatur dalam mencari Rancho akhirnya menemukan kenyataan bahwa Rancho sesungguhnya anak dari pegawai kebun yang dikontrak oleh majikannya untuk kuliah di Institut Teknologi atas nama Rancho yang asli (anak majikan). Dalam pencarian itu mereka juga menemukan Pia yang sdh mau menikah namun berhasil diculik oleh Raju dan Farhan. Akhirnya pencarian mereka sampai di satu tempat yakni sekolah teknik di daerah terpencil, dimana Rancho teman kuliahnya menjadi guru. Akhirnya Rancho yang anggota 3 sekawan berhasil diketemukan kembali dan cintapun bersemi kembali dengan Pia. Chatur yang sempat menyombongkan diri dengan kekayaannya akhirnya menjadi malu sendiri karena Rancho yang menjadi teman kuliahnya adalah sesungguhnya seseorang yang bernama asli Wangdu dengan 400 hak paten.

Film ini kocak, konyol dan penuh tawa...meski demikian film ini banyak mengajarkan tentang humanisme, solidaritas, kasih sayang, keberanian untuk mendengarkan hati nurani, keberanian memegang prinsip, kerja keras dll....banyak nilai yang diajarkan tanpa cara yang menggurui...akting para bintangnya lumayan bagus...Kareena Kapoor yang jadi aktris wanita juga tampil mempesona banget...maknyusssssssssss......

No comments: