Sunday, November 06, 2011

JEJAK SANG BROMOCORAH: True History of The Kelly Gang

JEJAK SANG BROMOCORAH: True History of The Kelly Gang
Peter Carey
PT Serambi Ilmu Semesta
Jakarta 2006
ISBN 979-16-0124-0
Hal 686

Buku ini merupakan novel yang diangkat dari kisah nyata Ned Kelly (1855-1880), seorang pemuda yang dianggap sebagai perampok dan pembunuh di Negara bagian Victoria – Australia. Dari dokumen yang ditulis oleh Ned Kelly yang ditujukan kepada politisi setempat untuk meminta keadilan, maupun dokumen yang ditulis oleh Ned Kelly untuk anaknya yang tidak pernah dilihat dan ditimangnya, Peter Carey mengembangkannya menjadi sebuah novel.

Ned Kelly dilahirkan tahun 1855 dari keluarga imigran Irlandia yang memegang teguh ajaran Katholik dan mempunyai solidaritas tinggi. Ned Kelly mempunyai beberapa saudara perempuan dan laki-laki. Sejak kecil dia sudah ditempa dengan kerja keras karena ayahnya dipenjara dan dia harus membantu keluarga menyiapkan ladang yang diolah dari rimba. Sejak usia 12 tahun, dia terpaksa keluar dari sekolah dan mengambil alih kegiatan keluarga di bidang pertanian karena ayahnya dipenjara dan meninggal.

Dalam perjuangannya tersebut keluarga Kelly sering ditipu oleh para tuan tanah sehingga kondisinya memburuk. Ned Kelly yang sangat menyayangi ibunya kemudian mengambil alih peran kepala keluarga di pundaknya. Di tengah keputus asaan ibunya, Ned Kelly dalam usia 14 tahun oleh ibunya kemudian dimagangkan kepada Harry Power yang merupakan bushranger atau perampok di padang belantara Australia. Harry Power sebagai perampok mempunyai sikap seperti RobinHood dimana dia merampok dan kemudian hasilnya sebagian dibagikan kepada warga miskin. Oleh karenanya dia sangat dicintaioleh warga miskin yang dengan sekarela memberikan perlindungan kepada Harry Power dari kejaran Polisi.

Karena berselisih paham, akhirnya Ned Kelly berpisah dari Harry Power. Harry akhirnya tertangkap polisi karena ada seorang warga yang berkhianat. Hal ini membawa pengaruh karena Ned dituduh sebagai pihak yang membocorkan keberadaan Harry kepada polisi. Sifat pengkhianat ini merupakan hal yang sangat ditabukan oleh masyarakat Irlandia.

Ned Kelly kemudian berusaha membangun kembali lahan pertaniannya. Namun gangguan dating silih berganti. Ayah tirinya dan adik iparnya berkhianat dan menelantarkan ibu dan adik perempuannya. Kemarahannya makin memuncak ketika ibunya dipenjara karena difitnah orang. Ned kemudian mengangkat senjata beserta adiknya Dan serta dua sahabat yakni Joe Byrne dan Steve Hart. Mereka kemudian melakukan perampokan2 terhadap tuan tanah dan bank serta membagikan hasilnya kepada warga-warga miskin di sekitarnya. Aksi Heroik Kelly Gang ini kemudian menumbuhkan simpati masyarakat di banyak tempat yang kemudian melindunginya.

Namun karena adanya pengkhianatan oleh seorang warga, Ned Kelly akhirnya tertangkap dan dihukum mati. Permintaan terakhir kali agar pengadilan membebaskan ibunya dan memberikan jasad kepada ibunya untuk dikubur secara layakpun tidak dipenuhi oleh pemerintah kolonialis Inggris saat itu…. …

Sebagai sebuah buku untuk perintang waktu, novel ini cukup menarik. Kalaupun ada kekurangan hanyalah factor bahasa yang seringkali kurang lugas (mungkin factor penterjemahan). Meski demikian kendala tersebut tidak terlalu mengganggu....

No comments: