Saturday, December 10, 2011

MISTERI GUA RAUNGAN

MISTERI GUA RAUNGAN
Alfred Hitchcock
PT Gramedia
Jakarta 1984
203 halaman

Buku ini merupakan cerita detektif ringan yang mengisahkan Trio Detektif (Jupiter, Pete dan Bob) yang sedang berlibur di rumah ayah Pete yakni Mr. Dalton. Mr Dalton ini seorang petani yang memiliki lahan pertanian di kaki gunung yang cukup luas dan didalamnya terdapat sebuah goa. Goa ini dinamakan Goa Raungan karena secara misterius goa ini pada saat-saat tertentu mengeluarkan suara raungan. Goa ini oleh penduduk lokal diyakini dulunya jadi tempat persembunyian El Diablo, seorang perampok yang baik hati terhadap masyarakat miskin.

Sewaktu tinggal di rumah Mr. Dalton, Trio detektif mendapat informasi bahwa raungan dari dalam goa ini sejak sebulan sebelumnya terdengar lagi. Trio detektif mulai penasaran dan mereka menyelidiki goa tersebut secara sembunyi-sembunyi. Sewaktu didalam goa, trio detektif mendapati bahwa didalamnya banyak lorong seperti labirin yang sebelumnya digunakan untuk aktivitas pertambangan. Dalam penyelidikannya Trio Detektif bertemu dengan prospektor (ahli prakira kandungan tambang) yakni Ben jackson dan Waldo. Selain itu mereka bertemu dengan Profesor Walsh, detektif Reston dll. Dari penyelidikan yang beberapa kali sempat mengancam jiwa mereka, Trio Detektif akhirnya menemukan bahwa Ben dan waldo telah menemukan intan di goa tersebut yang merupakan hasil curian dari seorang penjahat bernama Schmidt. Detektif Reston dan Trio Detektif akhirnya bisa membuka kedok bahwa Schmidt tersebut selama ini menyamar jadi Prof. Walsh. Trio detektif sendiri juga berhasil menemukan bahwa suara raungan dari goa berasal dari suara angin yang masuk ke berbagai lorong dalam goa. Ketika lorong goa tersebut ditutup, suara itu tdk muncul dan sebaliknya.

Buku ini merupakan cerita ringan dengan alur sederhana sehingga pembaca tidak bisa berharap ada banyak pesan moral didalamnya. Cerita dalam buku ini hanya mengajarkan soal ketelitian, cara berpikir logis dengan menggunakan logika dan hukum-hukum fisika sederhana.

No comments: