Tuesday, March 06, 2012

SIMBOL BUDAYA DAN TELADAN PEMIMPIN (Refleksi Kultural)


Soetjipto Wirosardjono
Penerbit Buku Kompas,
Jakarta 2007
ISBN 978-979-709-299-3
148 halaman

Buku ini merupakan kumpulan artikel Soetjipto Wirosardjono yang telah dimuat di hrian Kompas. Soetjipto Wirosardjono dikenal sebagai mantan Kepala BPS, pengamat sosial budaya dan kolumnis yang sering mengisi harian Kompas, majalah Tempo dan lain-lainpada era Orde Baru.

Dalam buku ini, artikel beliau dikelompokkan dalam 6 kelompok yakni: (1) Etika Politik dan Kekuasaan yang antara lain mengajak kita merefleksikan tentang demokrasi, keterbukaan, kekuasaan, ambisi politik dll (2) Teladan dan Kepemimpinan Elite Politik, yang antara lain berisi tentang keteladanan, kepemimpinan, korupsi, surat sakti dll (3) Simbol Budaya dan Mimpi Rakyat Kecil, yang antara lain berisi refleksi tentang Ibu, wanita, kesejatian, pembebasan budaya (4) Forum Silaturahmi.  Yang antara lain berisi refleksi tentang  profesionalisme, ibadah haji dll.

Secara umum alur bahasa penyajian dalam buku ini cukup mudah dipahami. Meski demikian ada beberapa catatan terkait buku ini yakni:
Artikel Soetjipto Wirosardjono lebih merupakan arikel yang bersifat reflektif atau kontemplatif, sehingga  beliau tidak memberikan jawaban atas suatu fenomena yang dibahas. Beliau hanya mengajak  kita untuk berpikir dan menggali jawaban berdasar pemahaman kita sendiri.
 Artikel beliau  dalam buku ini ditulis pada jaman Orde Baru sehingga substansi yang ditulis banyak terkait dengan kondisi atau fenomena yang hangat pada saat itu. Selain itu dari sisi bahasapun relatif halus bahkan terkadang memakai kiasan (bhs Jawa: sanepo), untuk menghindari represi yang ketat terhadap pers pada jaman itu.
 Terkait bahasa, Beliau merupakan orang Jawa sehingga gaya bahasa, alur pikir ataupun istilah-istilah yang ada seringkali  (walau tidak terlalu banyak) memakai bahasa Jawa yang mungkin agak sulit dipaham oleh pembaca non Jawa.

No comments: