Monday, February 25, 2013

CAHAYA DI ATAS CAHAYA



Oleh: Oki Setiana Dewi
Penerbit Mizania
Bandung, 2012 (edisi III)
ISBN 978-602-9255-22-5
341 halaman

Buku ini berisi cerita perjalanan Oki Setiana Dewi sewaktu melakukan perjalanan umrah ke tanah suci beserta ibundanya dan uwak-nya selama satu bulan pada tahun 2012.

Perjalanan umrah ke tanah suci merupakan salah satu mimpi Oki. Perjalanan ke tanah suci tersebut semula tidak berjalan mulus. Kendala pertama adalah uang tabungan Oki yang terbatas. Setelah tabungan mulai ngumpul, muncul kendala bahwa Oki dan ibundanya perlu didampingi muhrim karena ayah Oki sedang berhalangan. Untunglah ada uwak Bandi yang kemudian bersedia mendampingi mereka. Muncul kendala lain berupa visa, karena kunjungan mereka dilakukan sebelum musim umrah dimulai untuk warga asing. Namun Alhamdulillah berkat keteguhan dan doa Oki dan ibundanya, mereka akhirnya bisa berangkat juga.

Di tanah suci, Oki tidak hanya berumrah. Di sana dia memanfaatkan waktu untuk beribadah sebanyak mungkin sambil menggapai mimpinya untuk belajar menghafalkan Quran. Untunglah Oki mempunyai teman-teman Indonesia yang tinggak dan kuliah disana, sehingga proses belajarnya berjalan lancar. Bahkan melalui silaturahmi dengan teman-temannya, Oki akhirnya bisa masuk kuliah “sebulan”ke Ummul Qura University.  Di kampus itu Oki banyak bergaul dengan mahasiswi dari berbagai belahan dunia dan itu meningkatkan ukhuwah mereka. Oki juga aktif mengunjungi sekolah atau madrasah-madrasah penghafal Quran yang banyak bertebaran di sana.

Kunjungan umrah selama sebulan ini banyak memberikan pembelajaran spiritual bagi Oki untuk mengenal dan mendekatkan diri ke Tuhan-nya.  Bahkan di perjalanan ini, Oki juga menemukan cintanya yang pertama…Ada beberapa hikmah dari perjalanan spiritual dalam buku ini:

1.       Barangsiapa rajin mengulurkan tali silaturahmi, maka akan senantiasa diberi kemudahan dan kelapangan rejeki.
2.       Berbuat baik dan niat mulia terkadang tidak selamanya langsung berjalan mulus. Terkadang Allah akan menguji kesungguhan hati umat-Nya. Barangsiapa teguh berpegang pada niat mulia maka kemudahan akan segera menghampirinya. Sesungguhnya dibalik kesulitan akan ada kemudahan….
3.       Sesuatu kegiatan yang didasari niat mulia, akan dibalas oleh Allah dengan pahala yang berlipat ganda baik dunia dan akherat. Pengalaman Oki selama berumrah, ternyata tabungan dia tidak banyak berkurang karena ada banyak pihak yang memberikan bantuan keuangan (secara sembunyi maupun terang-terangan) seperti dalam membayar sewa taksi, membayar kamar hotel dan lain-lain.
Bahasa yang digunakan dalm buku ini mudah dipahami, dengan alur cerita yang runtut. Oki berhasil menguras emosi dan rasa haru ketika menceritakan refleksi spiritualnya. Saya sewaktu baca buku ini di bandara dan di pesawat harus menyiapkan sapu tangan untuk menghapus airmataku yang menggenang di pelupuk mata. Maha Besar Allah…semoga Oki senantiasa diberi kecemerlangan untuk menangkap makna hidup dan dilimpahi keikhlasan untuk membagikannya kepada sesamanya…semoga kesediaan berbagi hikmah yang sudah Oki lakukan, akan menjadi pahala yang senantiasa mengalir abadi bagi dirinya  …..amin…..





No comments: