Tuesday, March 05, 2013

PUBLIC DISOBEDIENCE: Telaah Penolakan Publik Terhadap Kebijakan Pemerintah



Oleh: Dwiyanto Indiahono
Penerbit Gava Media
Yogyakarta, 2009
ISBN: 978-979-1078-54-2
197 halaman

Buku ini bercerita tentang berbagai kasus pembangkangan (penolakan/ketidaktaatan) public terhadap kebijakan pemerintah. Berbagai kebijakan pemerintah yang dirasa tidak memperhatikan rasa keadilan public, biasanya akan menuai penolakan. Berbagai contoh kebijakan yang dirasa kurang adil tersebut antara lain: (a) biaya pendidikan yang semakin mahal sehingga pendidikan sulit diakses oleh masyarakat miskin, (b) system anggaran pembangunan yang lebih didominasi oleh kepentingan para pejabat dan politisi, (c) kebijakan pemberian berbagai insentif/tunjangan bagi anggota DPR/DPRD. 

Untuk mengeliminir adanya pembangkangan public tersebut, penulis menyarankan: (1) pemerintah hendaknya mempunyai hati nurani dan mau memperhatikan rasa keadilan masyarakat, (2) Pemerintah harus membuka ruang bagi partisipasi masyarakat dalam perumusan dan implementasi kebijakan (3) Pemerintah harus mau bersikap transparan dan akuntabel, (4) Pemerintah harus tanggap (responsive) terhadap aspirasi masyarakat, (5) pemerintah harus konsisten dalam menjalankan peraturan secara adil, (6) pengembangan administrasi public yang lebih berorientasi pada pelayanan prima kepada public.

Untuk mendorong munculnya kebijakan pemerintah yang “pro public”, penulis menyarankan beberapa langkah yang perlu dilakukan masyarakat, yakni: (1)  adanya proses advokasi yang didukung oleh data akurat dan solusi yang obyektif rasional, (2) adanya proses pengorganisasian yang baik untuk menyatukan berbagai elemen civil society dan melakukan pembagian peran atau membentuk aliansi strategis. Berbagai pengalaman kolaborasi militer-mahasiswa (seperti jaman awal berdirinya Orba dan jaman Orde Reformasi) ataupun kolaborasi Ulama-Intelektual dalam revolusi di Iran, bisa menjadi sumber pembelajaran dalam membangun aliansi strategis.  

Secara umum buku ini enak dibaca, relative ringan isinya  dan mudah dipahami. Meski demikian bagi sebagian orang yang ingin menggali isu public disobedience secara mendalam mungkin buku ini dirasa kurang analisis. tapi menurut saya, buku ini setidaknya telah memberikan informasi awal tentang public disobedience ini…

No comments: