Thursday, December 26, 2013

AYAH: Kisah Buya Hamka

Oleh: Irfan Hamka
Republika Penerbit
Jakarta 2013
ISBN 978-602-8997-71-3
324 halaman

Buku ini merupakan penuturan Irfan Hamka tentang ayahnya yakni BUYA HAMKA yang merupakan tokoh ulama Islam yng dihormati di Indonesia. Banyak sisi dikupas tentang Buya Hamka seperti sebagai masa kecil, pejuang kemerdekaan, aktivis organisasi, ulamamaupun dalam keseharian sebagai seorang kepala keluarga.

Banyak pesan moral terkandung di buku ini, Antara lain:
  • ·         Buya Hamka merupakan seorang yang autodidak dan tidak pernah berhenti untuk belajar, dan membagikan ilmunya kepada orang lain.
  • ·         Buya Hamka merupakan orang yang taqwa dan teguh pendirian dalam hal aqidah. Beliau tidak pernah menggadaikan keimanan yang dimilikinya untuk tujuan keduniawian karena rasa cintanya kepada Allah melebihi segalanya.
  • ·         Buya Hamka merupakan tokoh yang arif, bijak, positive thinking dan tidak pernah mendendam kepada siapapun termasuk lawan politiknya ataupun orang-orang yang menganiaya-Nya.
  • ·         Buya Hamka merupakan figure kepala keluarga yang arif, berwibawa, sangat menyayangi istri dan anak-anaknya, dan mampu mendidik sesuai dengan perkembangan jiwa si anak.



Di tengah merebaknya budaya kooptasi saat ini dimana ulama sering diperalat oleh “umara”, kehadiran sosok seperti Buya Hamka senantiasa dirindukan. Semoga Allah memberikan surga bagi beliau di alam baka…. 

No comments: