Monday, October 24, 2016

Integrated Human Resource Development

Oleh: Noor Fuad dan Gofur Ahmad
PT Grasindo
Jakarta 2009
ISBN: 978-979-025-592-0
240 halaman

Buku ini mencoba membangun konsep Integrated HRD dengan menggunakan pilar Competence Based Human Resource Management (CB-HRM), Talent Based Human Resource Management (TB-HRM), Competence Based Training (CBT) dan Continuing Professional Development (CPD).

Langkah yang perlu dikembangkan dalam I-HRD adalah:
1.       Penyusunan Standar Kompetensi (Teknikal dan manajerial) untuk masing-masing posisi jabatan.  Stabdar Kompetensi disini meliputi jenis Kompetensi dan derajat keahlian/leve of proficiency.
2.       Setiap karyawan diberi kesempatan untuk mengikuti program pencarian bakat kepemimpinan pada jabatan2 kunci di institusi/lembaga. Hal ini dimaksudkan agar bisa ditemukan the right man on the right position/place.
3.       Perlu dikembangkan pola dan jalur karir dalam lembaga baik yang bersifat linier ataupun generalis.
4.       Perlu dikembangkan assessment center yang bertugas untuk melakukan penilaian kesenjangan Kompetensi dan penilaian pola karir.
5.       Karyawan harus senantiasa dikembangkan kapasitasnya melalui pelatihan dll sesuai dengan standar Kompetensi yang harus dimilikinya.
6.       Karyawan hendaknya memiliki standar kinerja tertentu yang harus senantiasa diupgrade atauu ditingkatkan (ada continuous improvement) melalui pengumpulan angka kredit misalnya.
7.       Perlu pengembangan Sistem Informasi Manajemen Kompetensi sebagai data base lembaga, utamanya berbasis teknologi informasi

Secara umum buku ini menarik dan mudah dicerna. Ada 2 hal yang sedikit mengganggu yakni (1) penyampaian definisi-definisi dari berbagai sumber menyebabkan buku ini terkesan seperti diktat dan kurang mengalir pembahasannya, (2) pembahasan isu HRD terkadang lompat dari sector bisnis ke sector pemerintahan attau sebaliknya. Antara kedua sector ini ada hal2 prinsip yang sama namun terdapat detail-detail  yang berbeda. Pembahasan yang melompat-lompat membuat alur agak terganggu.




No comments: