Tuesday, January 02, 2024

 

Lentera Hati; Kisah dan Hikmah Kehidupan

M. Quraish Shihab

Penerbit Mizan, Bandung 1994

ISBN 979-433-264-X

459 halaman

 

Buku ini merupakan karya Bapak M. Quraish Shihab yang merupakan salah satu sosok ahli tafsir terkemuka di Indonesia. Buku setebal 459 halaman ini merupakan kumpulan tulisan terpilih beliau di Harian Pelita sejak tahun 1990 hingga awal 1993.

Buku ini secara garis besar memuat tulisan yang berkaitan dengan tauhid dan ibadah, serta juga kehidupan sosial beragama. Buku ini dibagi dalam 7 bagian yakni:

1.     Memahami Petunjuk Agama

2.     Memahami Takdir Allah

3.     Memahami Makna Shalat kita

4.     Memahami Potensi Ruhaniah Manusia

5.     Memahami masalah-masalah di sekitar kita

6.     Memahami kecendekiawanan dan kepemimpinan

7.     Memahami Kesatuan Sumber Agama


Karena buku ini berasal dari tulisan artikel di koran, maka tulisan beliau ini relative ringan dan mudah dipahami. Kepakaran Pak Quraish Shihab dalam ilmu tafsir, membuat pembaca dituntun untuk memahami tekstual (makna tertulis) maupun kontekstual (makna secara situasional) dari sebuah kata atau kalimat. Meski ringan, tulisan  beliau juga menuntun kita untuk berefleksi terhadap amalan-amalan ibadah kita maupun refleksi terhadap sikap perilaku kita.

Saat kita menghadapi Pemilu dan Pilpres, banyak tulisan2 beliau dalam buku ini yang relevan dijadikan pegangan bagi kita dalam memilih pemimpin yang berkualitas.  Pak Quraish merupakan salah satu cendekiawan muslim yang moderat, sehingga beliau mengajarkan banyak toleransi dan kata-katanya penuh kesejukan. Semoga berkah untuk beliau yang sudah berkenan bersedekah ilmu kepada kita semua.

 

 

No comments: