Wednesday, September 18, 2024

Maukah Kau Menghapus Bekas Bibirnya di Bibirku dengan Bibirmu?


Maukah Kau Menghapus Bekas Bibirnya di Bibirku dengan Bibirmu?

Penulis: Hamsad Rangkuti

Penerbit Diva Press, Yogyakarta 2016

ISBN 978 602 391 181 3

236 halaman


Buku ini merupakan kumpulan 14 cerita pendek  (cerpen) karya Hamsad Rangkuti yang pernah dimuat di Kompas dan Majalah Horison periode 1979-2003.  Beberapa cerpen yang dimuat dalam buku ini antara lain: Pispot, Dia Mulai Memanjat, Nyak Bedah, Palasik, Petani Itu Sahabat Saya, Hukuman untuk Tom, Ketupat Gulai Paku, Teka-teki Orang Desa, Wedang Jahe, Kunang-Kunang, Sebuah Sajak, Antena, Saya Sedang Tidak Menunggu Tuan, Maukah Kau Menghapus Bekas Bibirnya di Bibirku dengan Bibirmu?, dan Lagu di Atas Bus

Cerpen karya Hamsad Rangkuti ini cenderung sederhana, bersahaja dan
temanya erat dengan kehidupan keseharian. Namun kesederhanaan tadi menjadio kekuatan  yang memikat. Dalam karya-karyanya, dia mampu menghadirkan pesan moral yang mendalam yang disajikan secara bersahaja.

Hamsad Rangkuti lahir 7 Mei 1943 di Medan, Sumatera Utara. Beliau merupakan penulis dengan bakat alam.  Beliau biasa melamun atau mengkhayal untuk menemukan ide yang bisa dikembangkan menjadi  sebuah cerita.  Karena dia lebih banyak mengandalkan bakat alam, pada mulanya beliau tidak terlalu produktif menghasilkan karya. Selama 19 tahun (1960-1979) beliau hanya menghasilkan 7 cerpen. Setelah beliau mengikuti pelatihan menulis pada tahun 1975 dan menerapkan ilmu barunya, sejak tahun 1980 an beliau sangat produktif. Diskusi-diskusi dengan para sastrawan lain juga merangsang pemikiran dan produktivitasnya.  Karya-karya beliau memperoleh tempat di hati public serta memperoleh berbagai penghargaan. Beberapa karyanya juga diterjemahkan dalam bahasa asing dan dipublikasikan di luar negeri. 

Seniman F. Rahardi menyebutkan bahwa Hamsad Rangkuti mungkin hanya bisa menyajikan permasalahan yang dihadapi masyarakat kecil, tapi dia sangat menguasai isu itu dengan mendalam. Itu yang membuat cerpan karya Hamsad Rangkuti hebat karena menulis karya sastra adalah ketrampilan dan kedalaman dalam menggali sebuah permasalahan, bukan pamer luasnya pengetahuan, tingginya pendidikan dan banyaknya pengalaman…..


No comments: