Monday, January 28, 2008

Cinta Jilid II

Ketika aku di kelas 3 SMA, aku merasa tertarik pada seorang kawan sekelasku yang sebut saja namanya “Melati”. Gadis itu berperawakan imut alias mungil, berkulit hitam manis, centil, lincah, cerdas dan alim. Rambutnya yang dikuncir ekor kuda menambah kelincahannya … Walaupun wajahnya sedikit dihiasi jerawat kecil, namun jerawat itu malah semakin mempermanis tampilan wajahnya….:-)

Karena aku pemalu, kepada Melati aku juga tidak berani ngomong langsung tentang perasaanku, namun aku menunjukkan perasaan kasihku padanya secara tidak langsung melalui tingkahku. Diapun kayaknya memberikan sinyal positif padaku. Suatu hari Melati mengunjungi rumahku yang di pelosok desa...tak terbayangkan alangkah bahagianya hatiku saat itu.....… Meski demikian kami tidak pernah berbicara tentang perasaan kami masing-masing secara terbuka.

Setelah lulus SMA, saya bertiga dengan kawan karibku bernama Prahanto dan Melati sama-sama mendaftar UMPTN di UGM di Jogja. Alhamdulillah kami bertiga lolos seleksi. Saya dan Prahanto diterima di FISIPOL UGM dan Melati di Fak. Hukum UGM. Kebetulan kampus kami juga berdekatan…

Namun karena kesibukan kuliah setelah beberapa lama aku tidak bertemu dengannya. Tahu-tahu kudengar kabar Melati sudah berhenti dari Fak Hukum dan pindah ke IKIP Karangmalang (sekarang bernama Universitas Negeri Yogyakarta). Dari beberapa rekan yang kuhubungi kemudian kudengar kabar pula bahwa dia hanya bertahan sebentar di IKIP Karangmalang karena dia mau menikah…

Sajak tahun 1985 sampai saat ini aku tidak pernah bertemu lagi dengan Melati. Kawan-kawan yang kuhubungipun kehilangan jejak dia yang bagai lenyap ditelan bumi. Kuakui bahwa sesungguhnya aku sangat mencintainya....Ah Melati….semoga dengan harummu kau bisa menemukan kebahagiaan abadi … Cintaku padamu walau tidak sempat bersemi, namun kan selalu kukenang sebagai bagian perjalanan indah hidup ini…..

No comments: