Saturday, May 24, 2008

Jerman 11: Kantor GTZ Pusat

Dari tempat Pak Gottfried, saya kemudian mau ke tempat Bu Anja yang menjadi kolegaku di IFFM dulu dan sudah habis kontrak sehingga beliau sudah berada kembali di Jerman. Sebelum ketemu Bu Anja, sewaktu di Frankfurt aku sempatkan kunjungi kantor GTZ Headquaters di Eschborn. Di kantor GTZ itu aku menemui Pak Ludwig Schindler yang mantan bosku di IFFM. Beliau menerimaku dengan senang hati dan menjamuku dengan kue-kue. Beliau saat itu lebih banyak ngurusi proyek GTZ di Amerika Latin. Namun beliau juga sering kangen dengan Indonesia dan Samarinda. Beliau juga masih bisa berbahasa Indonesia walau agak patah-patah. Pak Ludwig bercerita bahwa saat itu beliau indekos sendirian di Frankfurt, dan setiap akhir pekan menengok putri dan istrinya di sebuah kota kecil di daerah Bavaria yang membutuhkan enam jam perjalanan pake mobil dari Frankfurt.

Kunjunganku ke Pak Ludwig saat itu berlangsung sekitar 2 jam, karena aku harus segera ke stasiun untuk meunju rumah Bu Anja. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada Pak Ludwig yang sudah menerima kehadiranku dengan penuh keramahan....

No comments: