Thursday, June 12, 2008

Aussie 2: Belajar kebakaran hutan

Dalam acara konperensi kebakaran di Australia ini juga terdapat pameran dari perusahaan peralatan pemadam kebakaran hutan dan juga pameran dari berbagai lembaga kebakaran hutan dari Australia, amerika, canada, dll. Di situ saya berkesempatan ngumpulin banyak buku dan souvenir seperti pena, pensil, pin, key ring dll. Pin yang kukumpulkan tersebut kupanjang sebagai hiasan dinding di rumahku hingga kini.
Presentasi dalam konperensi biasanya singkat sekitar 10 menit saja. Tapi yang presentasi banyak banget dan dibagi dalam 4 kelas menurut tema-tema spesifik. Di seminar itu aku ketemu beberapa pakar kebakaran hutan yang sudah saya kenal sebelumnya seperti Profesor Goldammer dari Jerman, Peter Moore dan Brett Shields dari Australia. Hadir pula beberapa kawan dari Indonesia dan mantan teman satu proyek seperti Bu Anja dan Pak Brad Sanders.
Dari proses konperensi tersebut saya bisa belajar banyak tentang kegiatan pengendalian kebakaran di berbagai negara. Selain itu kita bisa belajar banyak tentang mengelola suatu event kegiatan. Di Australia sendiri kegiatan konperensi itu sudah direncanakan dengan masak 1 tahun sebelumnya. Mereka sudah menyusun agenda dengan matang....oh....alangkah jauhnya dengan di Kaltim profesionalisme mereka tersebut. Di Kaltim, mau bikin PON saja, satu bulan sebelumnya masih banyak ditemui ketidakpastian tentang fasilitas, dana, perlengkapan dll... sampai kapankah bangsaku bisa benar-benar profesional?

No comments: