Sunday, December 15, 2013

HOEGENG; Polisi dan Menteri Teladan

Oleh: Suhartono
Penerbit PT Kompas Media Nusantara
Jakarta, 2013 (edisi 4)
142 halaman
ISBN 978-979-709-769-1

Buku ini menceritakan pengalaman Soedharto Martopoespito yang pernah menjadi Sekretaris Pak Hoegeng sewaktu Pak Hoegeng menjabat sebagai Menteri/Sekretaris Presidium Kabinet (tahun 1966).
Di tengah kecaman berbagai pihak terhadap institusi POLRI yang dipandang sebagai salah satu institusi yang paling korup di Indonesia, buku ini menegaskan bahwa di lingkungan POLRI terdapat orang-orang yang mempunyai dedikasi dan integritas tinggi seperti Pak Hoegeng. Sampai Gus Dur menyebutkan bahwa ada 3 polisi yang tidak bisa disuap yakni: Patung polisi, Polisi tidur dan Hoegeng.

Dalam buku ini diungkap tentang berbagai kisah integritas Pak Hoegeng yang tidak mau memanfaatkan jabatan untuk kepentingan pribadinya. Beliau mempunyai empathy yang sangat tinggi terhadap masyarakat sehingga dalam memanfaatkan fasilitas dinaspun dilakukan secara hati-hati dan penuh pertimbangan agar tunjangan yang beliau peroleh tidak membebani anggaran Negara. Beliau sendiri sebagai pimpinan POLRI tidak segan terjun ke lapangan mengatur lalu lintas ketika terjadi sebuah kemacetan. Itu semua dilandasi prinsip bahwa sebagai Polisi beliau harus bisa menciptakan ketertiban dan keamanan dimanapun beliau berada.

Saya sendiri pernah membacar artikel tentang sosok unik Pak Hoegeng ini dari sumber lain. Dan saya langsung “jatuh cinta” dengan sosok yang sederhana ini. Integritas, disiplin, dedikasi, profesionalisme dan kesederhanaan merupakan ciri khusus yang melekat kuat pada sosok Pak Hoegeng.  Semoga POLRI kelak mampu menelorkan sosok-sosok mudah yang berkarakter seperti Pak Hoegeng…. Teriring doa semoga Pak Hoegeng memperoleh limpahan ampunan dan dimasukkan ke surge-Nya….aamiin…….


 


No comments: