Saturday, April 08, 2023

BAHAGIA BERAGAMA BERSAMA GUS BAHA

 


BAHAGIA BERAGAMA BERSAMA GUS BAHA

Penulis: Khoirul Anam

Penerbit: PT. Elex Media Computindo

Jakarta, 2022

ISBN 978-623-00-3476-3

144 halaman

 

Buku ini merupakan kumpulan artikel yang diringkas dari berbagai kegiatan pengajian yang narasumbernya adalah Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin Nursalim). Sehingga buat rekan-rekan yang sering menonton pengajian Gus Baha di “youtube”, anda tidak akan asing dengan cerita yang ada di buku ini.

Artikel-artikel dalam buku ini dikelompokkan dalam beberapa tema yakni:

·       Beragama Bahagia yang antara lain berisikan artikel tentang beragama itu mudah, nikmat dan tidak memberatkan dll.

·    Bersyukurlah yang antara lain berisikan artikel tentang nikmat yang diberikan oleh Allah yang tidak akan terhitung, perlunya sedekah sekalipun di saat susah, nikmatnya hidup bersahaja dll.

·      Tentang Perempuan yang antara lain berisikan artikel tentang cara memahami perempuan, kodrat perempuan, benarkah Islam meminggirkan perempuan, Perempuan bekerja dll.

·   Bahagia berumah tangga yang antara lain berisikan artikel tentang tugas suami, cara mendidik anak, poligami dll.

·    Tantangan beragama yang antara lain berisikan artikel tentang Ilmu harus diamalkan dan jangan berteori,  berburuk sangka kepada Allah, Jangan menghina agama lain, jangan merasa paling suci dll.

·     Jihad, Hijrah dan Sunah yang antara lain berisikan artikel tentang pengertian jihad adalah bukan perang, mengikuti sunah jangan pilih yang mudah, Islam dan Negara dll.

Selain itu, dalam buku ini juga ditampilkan beberapa tanya jawab peserta pengajian dengan Gus Baha, daftar riwayat hidup dan kata Mutiara dari Gus Baha.

Melihat isi buku ini kita akan melihat Gus Baha merupakan seorang ulama yang “sangat moderat”. Beliau mengajak orang untuk dekat dengan Allah dengan cara yang simple, mudah dan tidak memberatkan. Keluasan ilmu beliau membuat beliau mampu memberikan cara beragama yang gampang, tapi tidak “MENGGAMPANGKAN” agama karena poin-poin penting yang beliau sampaikan juga tetap mengacu pada Qur’an, hadits dan berbagai kitab referensi dari para ulama.

Tulisan buku ini ringan, mudah dicerna dan pengelompokan tema yang sederhana sangat memudahkan kita untuk menangkap isinya. Sehingga cocok untuk dijadikan sebagai bahan bacaan untuk menambah pengetahuan bagi orang-orang yang awam agama seperti saya.  Semoga berkah melimpah untuk Gus Baha dan penulis buku ini.

 

 

No comments: