Thursday, March 07, 2024

Lentera Makna (kutipan dari Syekh Akbar Ibn ‘Arabi)

 


Lentera Makna (kutipan dari Syekh Akbar Ibn ‘Arabi)

Penulis Imam Nawawi dan Fajri Andika 

Penerbit Forum, Yogyakarta 2023

ISBN 978-602-0753-79-9

119 halaman

 

Buku ini merupakan Kumpulan kutipan dari kitab Diwan Ibn ‘Arabi tentang akal manusia . Buku ini merupakan salah satu bagian dari Tetralogi Ibn ’Arabi yang terdiri dari Gerbang Rasa, Lentera Cinta, Taman Makrifat dan Tarekat Rindu.

Biarkanlah akal mencari makna, biarkan saja ia mengembara menemukan Tuhan. Asalkan hati nurani membimbingnya, maka ia tengah berpegang pada lentera makna  guna menerangi langkahnya menuju cinta Tuhan. Jangan biarkan akal tanpa hati. Akal itu hanya mencari, sementara hati itu untuk memberinya petunjuk. Akal tanpa hati akan tersesat, sementara hati tanpa akal akan bodoh.

Dalam buku ini Ibn ‘Arabi menyebutkan bahwa manusia diberi karunia berupa akal yang membedakan dirinya dari makhluk lainnya. Dengan akal dia akan bisa membedakan  benar dan salah. Dengan akalnya dia bisa mengembangkan ilmu, dia melakukan berbagai usaha dan sebagainya. Meski demikian akal mempunyai keterbatasan, karena dalam kehidupan ini ada banyak hal yang tidak bisa diselesaikan dan dijelaskan dengan nalar. Oleh karenanya akal harus dituntun oleh syariat dan hati nurani. Memperbanyak zikir dan hidup dalam kondisi zuhud merupakan salah satu cara untuk menuntun akal agar senantiasa dekat dengan Tuhan.

Manusia sebagai mahluk berakal dituntut untuk mampu membaca ilmu yang kasat mata maupun yang berupa fenomena alam. Karena di situ tersembunyi banyak pengetahuan yang terkait dengan perwujudan Tuhan.  Manusiapun wajib mengamalkan ilmu yang diperolehnya untuk kebaikan. Ilmu tiada bermanfaat bila tidak diamalkan oleh pemiliknya.

No comments: